Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » JIM Meminta Transfaransi Anggaran Pendidikan di Kabupaten Lingga

JIM Meminta Transfaransi Anggaran Pendidikan di Kabupaten Lingga

HAIRUL ANWAR (Ketua Jaringan Informasi Mahasiswa Kabupaten Lingga)
HAIRUL ANWAR (Ketua Jaringan Informasi Mahasiswa Kabupaten Lingga)

LINGGA,Sidaknews.com – Ketua JIM (Jaringan Imformasi Mahasiswa Kabupaten Lingga Hairul Anwar mengatakan, Sesuai dengan undang-undang keterbukaan informasi publik nomor 14 tahun 2008 yang merupakan salah satu hak warga Negara untuk mendapatkan keterbukaan informasi sebagai perwujudan Negara demokrasi.

Dengan undang-undang ini kita menuntut adanya transfarasi anggaran dari disdikpora kabupaten lingga, terutama di bidang pendidikan baik dari fasilitas sarana maupun prasarana pendidikan, anggaran wajib belajar 9 tahun, sekolah menengah atas, serta anggaran kemahasiswaan di tingkat perguruan tinggi.

Ini sangat terlihat bahwa setiap tahunnya tidak ada transfarasi anggaran yang jelas, dengan melihat begitu banyaknya anggaran setiap tahunnya tetapi tidak jelas entah kemana perginya anggaran tersebut, padahal kita ketahui ada 20% dari APBN untuk anggaran pendidikan. Apakah permasalahan anggaran ini sengaja di tutupi atau ada dugaan permainan dari pihak instansi tersebut?.

Hal ini disampaikan oleh Hairul Anwar (Ketua Jaringan Informasi Mahasiswa Kabupaten Lingga) saat bertandang di kantor Sidaknews.com Tanjungpinang (19/5). Dia mengatakan dalam hal ini mahasiswa sangat merasa bahwa anggaran pendidikan untuk beasiswa terkesan di tutupi dari tahun ke tahun.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar bagi mahasiswa kabupaten lingga khususnya di provinsi kepulauan riau. Jelas saja dari mulai pengumuman pembukaan beasiswa sampai penutupan penerimaan beasiswa mahasiswa tidak pernah mendapatkan informasi yang jelas dan sangat sulit untuk mengaksesnya, padahal kita ketahui ada situs kabupaten lingga tentang pendidikan tapi tidak ada informasi yang jelas serta gambalang dalam situs tersebut.

Sampai pada waktu penerimaan beasiswa pun tidak ada data-data yang jelas siapa penerima beasiswa, baik itu beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi maupun bagi mahasiswa yang kurang mampu. Apakah beasiswa ini hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang sudah di atur oleh oknum oknum dalam pemerintah kab lingga, per tiap tahunnya, atau hanya untuk mahasiswa yang memiliki sanak sodara sehingga tidak berani terbuka terhadap publik?.

Sebagai Negara yang demokrasi ini apakah mahasiswa harus mengingatkan pemerintah dengan pengeras suara (TOA) agar pemerintah menyadari bahwa mahasiswa kabupaten lingga itu ada dan tidak hanya diam melihat perbuatan mereka. Seharusnya pemerintah itu sadar bahwa tugas mereka melayani masyarakat dan dengan itu pemerintah tahu apa yang harus mereka perbuat.

Informasi publik ini bersifat proaktif yang artinya UU KIP mengatur tentang informasi aktif dimana informasi publik tertentu harus disampaikan kepada publik tanpa menunggu adanya permintaan. serta dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik pasal 52 c jika Badan Publik yang dengan sengaja tidak menyediakan, tidak memberikan, dan/atau tidak menerbitkan Informasi Publik berupa Informasi Publik secara berkala.

Informasi Publik yang wajib diumumkan secara serta-merta, Informasi Publik yang wajib tersedia setiap saat, dan/atau Informasi Publik yang harus diberikan atas dasar permintaan sesuai dengan Undang-Undang ini, dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain dikenakan pidana.

Seharusya pemerintah kabupaten lingga melihat apa yang dilakukan pemerintah provinsi kepulauan riau khususya dinas pendidikan provinsi kepulauan riau tentang transfarasi anggaran beasiswa perguruan tinggi. Pemerintah provinsi memberikan transfarasi anggaran beasiswa dari mulai pendaftaran beasiswa kapan dimulainya, penutupannya sampai siapa penerima beasiswa tersebut.

Saya justru berasumsi bahwasanya kabupaten lingga justru belum sanggup dan di rasa belum pantas menjadi kabupaten yang di unggulkan untuk masalah pendidikian belum lagi kemarin kita sempat tersentak mendengar kasus yang menimpa mantan kadisdikpora yang tersandung masalah lambatnya gaji honorer guru.

Disini saya juga mempertanyakan kepada DPRD kabupaten lingga Komisi III DPRD Lingga, Bidang Pendidikan tentang pengawasan anggaran tersebut karna untuk menjadikan kabupaten lingga yang maju di perlukan SDM yang mumpuni, kalau semua pejabat baik eksekutif maupun legislatif sudah kongkalikong kapan kabupaten lingga bisa maju?(Red)

 

 

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

2 comments

  1. Saya sangat setuju dgn pak khairul anwar. Karna yg saya alami pmerintah lingga tdak pernah transfaran mengenai informasi informasi tentang kapan pndaftaran dibuka, di tutup. Bahkan yg berhak mendaptkannya. Saya asli dari kab.lingga dgan status keluarga yg krg mampu tidak pernah mendapat bntuan sdikit pn dr lingga. Sudah puluhan proposal /permhonan meminta bantuan pendidikan saya lakukan namun tetp saja tdak diterima. Sdangkan di persyaratan sangat jelas tertulis bahwasanya mahasiswa yg mengajukan proposal hrus smester 3 tpi ditemukan dilapangan anak2 smester 1 bhkan bru masuk sudah bisa mgurus dan bnyak sekali yg dapt. Ini brarti bnyaknya pelanggaran yg dilakukan oknum pmerintah lingga yg hanya mementingkan urusan pribadinya. Mereka sudah tidak layak lagi. Kalaw seperti ini bgaimana nasib mereka yg kurang mampu yang mendapt kan prestasi di perkuliahan. Mereka tdak di anggap sbgai warga kab.lingga . Nasib mahasiswa yg unggul seperti ini. Yg brpotensi akn membwa lingga menjdi maju. Akan hlg. Ingat. Kami pemuda pemudi lingga adalah penerus yg akan memajukan lingga dan akan menggantikan kalian para oknum yg tidak punya tanggung jawb. Yg tdak jujur. Yg hanya mementingkan urusan pribadi. Jika ini terus dibiarkan. Maka kab.lingga tidak akan maju. Dan SDM yg brkualitas tdak akn ada. Sungguh nasib kab.lingga sudah di ujung tanduk. Dipermalukan oleh oknum2 yg tdak bertanggung jwb dan mempunyai etika serta marwah sbg org dr kab.lingga asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>