Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Kabag Humas Setda Tanjab Barat Lempar Bola, DPRD Tanjab Barat Terkesan Kurang Merestui Anggaran Humas

Kabag Humas Setda Tanjab Barat Lempar Bola, DPRD Tanjab Barat Terkesan Kurang Merestui Anggaran Humas

Kabag Humas Setda Tanjab Barat
Kabag Humas Setda Tanjab Barat.Teguh S.Sos

Tanjab Barat,Sidaknews.com – Perkembangan Teknologi yang pesat saat ini, kinerja bagian Humas Protokoller di lembaga-lembaga pemerintahan dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota di harapkan bisa membangun citra humas yang positif di mata masyarakat. Kondisi ini tak terlepas dari banyaknya stigma negatif yang melekat di bagian Humas Protokoller di berbagai provinsi/kabupaten kota.

Salah satu masyarakat di Kabupaten Tanjab Barat berinisial “B” mengkritik kinerja Humas Setda Tanjab Barat sejak di pimpin oleh Teguh S.Sos bukan tambah positif malah banyak timbul stigma negatife terhadap Humas Setda Tanjab Barat.

Menurut dirinya bait tulisan yang ada di Web Humas Tanjab Barat yang mengatakan “Humas Setda Kabupaten Tanjung Jabung Barat bertindak secara profesional, dalam arti agar masyarakat mendapatkan informasi tentang berbagai kebijakan Pemerintah” ini malah berbanding terbalik dari faktanya, jika dilihat di web yang ada Cuma pencitraan.  jadi masih banyak stigma negatif yang selama ini melekat di humas setda tanjab barat,”Ujar salah seorang masyarakat di Tanjab Barat kepada media ini, Jum’at (6/6) di salah satu warung kopi di kuala tungkal.

Masih menurut “B” mengungkapkan kepada media ini, Citra buruk Humas Pemda Tanjab Barat yang melekat saat ini harus dihilangkan, di antaranya seperti cenderung mengelak pada kebenaran dari isu yang diberitakan, dan mudah melempar tanggung jawab untuk melakukan respon.

“Akibatnya yang muncul, pers sering merasa dipingpong ke sana ke mari, padahal pers tidak suka diperlakukan seperti ini, wajar jika pemberitaan baik harian, mingguan, bulanan sampai media online memberitakan yang macam-macam Terhadap Pemda Tanjab Barat. Lihat aja beberapa waktu lalu sampai Bupati kita pun di beritakan yang macam-macam oleh Pers di Tanjab Barat, Jadi kira-kira Pers yang salah? Apa Kabag Humas yang kurang proaktif terhadap Pers di Tanjab Barat”jelasnya ke Sidaknews.com.

Kesan lain yang muncul, sejak Teguh S.Sos menjadi Kabag Humas terkesan memilih aman dalam menghadapi masalah. Di antaranya bersikap melalui pernyataan “no comment” atau “off the records”. Di sisi lain, lembaga ini kurang fight menjadi nara sumber dalam menghadapi acara dialog interakatif, dan cukup puas dengan acara blocking time dan advertorial yang banyak di media harian.

Lebih dari itu, tambahnya, cukup bertugas sebagai fungsi protokoler dan administratif kehumasan. Di antaranya pengiriman siaran pers, pembuatan advetorial, menganggarkan pers tour hingga pengaturan jadwal perjalanan dinas pimpinan.

Jadi anggapan Masyarakat Tanajab Barat terhadap Humas Setda Tanjab Barat terkesan seperti Humas malas mendapatkan pengetahuan dan informasi aktual dari media-media yang ada di tanjab barat, kurang ada upaya memperluas jaringan internal dan eksternal dan sering berdalih kurang intensif karena terkait keterbatasan anggaran dana Humas seperti pernyataan Kabag Humas beberapa waktu lalu ke media sidak news. Jadi terkesan seakan menyalahkan DPRD Tanjab Barat dalam penganggaran dana Humas.

“Peran humas akan lebih efektif jika stigma ini di balik menjadi hal-hal bersifat positif. Seperti siap dan sigap dalam menjawab berbagai isu miring dan negatif, namun tetap memperhatikan etika dan penuh tanggung jawab atas respon yang diberikan masyarakat terhadap Humas,”Ujar “B” ke media ini.(Andi)

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *