Selasa , 30 Mei 2017
Home » Berita Foto » Kaharudin Pengedar Ganja divonis 5 tahun penjara

Kaharudin Pengedar Ganja divonis 5 tahun penjara

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Kaharudin (36), seorang pengedar daun ganja kering dijatuhi hukuman selama lima tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Rabu (4/6). Ia terbukti berperan sebagai pengendar narkotika golongan I jenis tanaman.

Ketua Majelis Hakim R Aji Suryo dalam amar putusannya menyatakan, berdasarkan fakta yang muncul dalam persidangan, terdakwa Kaharudin terbukti bersalah. Perbuatan terdakwa memenuhi unsur-unsur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2000, pasal 114 tentang memperjual belikan narkotika golongan I.

“Atas perbuatannya, terdakwa dijatuhi hukuman selama lima tahun penjara. Terdakwa juga didenda sebesar Rp 800 juta. Bila uang denda tak sanggup dibayar, terdakwa kembali dihukum selama satu bulan penjara,” ujarnya.

Kaharudin keluar luar sidang dengan mata berkaca-kaca. Ia tak tahan menahan air mata. “Saya punya tiga anak. Saya rindu istri dan anak,” ucapnya.

Usai persidangan, Jaksa Penuntut Umum Fahmi Ari Yoga mengungkapkan, Kaharudin dituntut selama enam tahun penjara, sebelumnya. Terdakwa juga didenda sebesar Rp 800 juta atau subsider selama tiga bulan kurungan.

Penangkapan terdakwa berawal dari informasi dari masyarakat bahwa ada seorang pria yang mengedarkan duan ganja kering di Pulau Mas, Kecamatan Singkep Sekanah (sekarang berubah nama menjadi Kecamatan Kepulauan Posek).

Ia kemudian ditangkap oleh anggota Babinsa bersama anggota Pos Polisi dalam sebuah penggerebekan pada 17 April lalu, sekitar pukul 19.30.”Warga curiga kalau terdakwa sering menerima tamu yang tak dikenal,” ucap Fahmi.

Dari hasil penggerebekan itu ditemukan 25 paket kecil ganja kering siap edar di dalam kamarnya. Uang hasil penjualan sekitar Rp 1,7 juta ditemukan di lokasi yang sama.(SN)

Check Also

Danrem 011 Buka Latihan Posko Kodim 0104/Atim

Langsa, sidaknews.com – Komandan Korem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono,S.i.P, M.Si Pimpim Pembukaan Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *