Home » Berita Foto » Kajari Tanjungpinang Lakukan Penahanan Kota Terhadap Tersangka Herman

Kajari Tanjungpinang Lakukan Penahanan Kota Terhadap Tersangka Herman

Herman
Herman tersangka kasus dugaan korupsi dana Hibah BPK tahun 2010-2012.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, sudah melakukan penahanan kota terhadap mantan Ketua Badan Pengusahaan Kawasan (BPK) Tanjungpinang – Bintan, Herman selaku tersangka atas dugaan korupsi dana hibah BPK tahun 2010 hingga 2012.

Penahanan kota yang dilakukan pihak kejaksaan itu juga, mengingat kondisi kesehatan tersangka Herman yang tidak memungkin untuk ditahan.  “Kita melakukan penahan kota, berdasarkan surat keterangan dokter RSUD. Tersangka mengalami sakit hipertensi berat dan sakit jantung,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tanjungpinang, Maruhum SH, Senin (23/6).

Dalam surat itu, kata Maruhum, tersangka harus menjalani perawaratan dan harus mendapat kontrol rutin ke spesialis penyakit dalam, serta medical pusat jantung harapan. “Dalam penahanan kota ini, tersangka Herman kita tidak perbolehkan untuk keluar kota,” paparnya.

Selain itu, Maruhum mengatakan, pemeriksaan terhadap tersangka Herman, dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

“Dalam pemeriksaan itu juga, tersangka kita lontarkan sebanyak delapan pertanyaan terkait kasus perkara dugaan korupsi dana hibah di BPK Tanjungpinang – Bintan,” katanya.

Maruhum menjelaskan, dalam perkara itu juga, kerugian negera sekitar Rp400 juta, dan sudah dikembalikan tersangka sekitar Rp109.543.000.

“Sehingga, kerugian negara yang dibebankan terhadap tersangka sebesar Rp272 juta. Jika kerugian negara belum dikembalikan, kita akan melakukan jalan lain, salah satunya menyita aset milik tersangka,” ucapnya.

Atas perkara itu juga, kata dia, pihaknya mengenakan pasal yang sama dengan pasal yang dikenakan terhadap tersangka Firmansyah sebelumnya, yakni Pasal 2, Pasal 3, Pasal 9, dan Pasal 18 junto pasal 55 junto pasal 64 KUHP.

Sementara, pantauan dilapangan, tersangka Herman ditetapkan sebagai tahanan kota oleh Kejari Tanjungpinang, sejak pukul 16.20 WIB. Dalam hal itu juga, tersangka didampingi Kuasa Hukumnya yakni Rifai Ibrahim SH.(IK)

Check Also

Pasangan calon Walikota/wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. Syamsudin H. Amin MM dan Khairul Anwar SH MH.

Bila Terpilih, Paslon SAKA Akan Jalankan 5 Pilar Pembangunan

Langsa, sidaknews.com – Pasangan calon (paslon) Walikota dan wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>