Jumat , 31 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kajati Kepri Lantik Aspidsus

Kajati Kepri Lantik Aspidsus

Kajati Kepri
Kajati Kepri Syafwan A.Rachman,SH saat melantik Yulianto SH sebagai Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) 

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Syafwan A.Rachman,SH tadi pagi jam 10.00 wib melantik Yulianto SH sebagai Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) di ruang aula Kajati Kepri Senggarang Tanjungpinang. (12/3).

Para Asisten dan Kabag Tata Usaha, Para Kajari dan Kacabjari sedaerah Kepri, Ibu Ketua dan Pengurus serta anggota Ikatan Adhyaksa Dharma karini Wilayah Kejaksaan dan Para Hadirin yang berbahagia.

Kajati dalam kata sambutannya mengatakan, marilah kita menundukkan kepala sejenak seraya memanjatkan do’a kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena hanya berkat perkenan dan rahmatnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka menghadiri acara pelantikan Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Kepuluan Riau.

Hadirin yang berbahagia, sebagaimana kita saksikan bersama, baru saja saya lantik saudara Yulianto, SH. MH sebagai Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus.

Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa mutasi jabatan ataupun ahli tugas merupakan hal yang biasa di jajaran kejaksaan. Mutasi jabatan dan ahli tugas merupakan tuntutan kebutuhan organisasi berupa promosi, penyegaran bidang tugas serta memperluas wawasan dan pengalaman tugas.

IMG_2982Ahli tugas dimaksudkan sebagai bagian penetapan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka peningkatan ataupun optimalisasi kinerja oerganisasi dalam hal ini adalah Lembaga Kejaksaan RI.

Kita menyadari bersama bahwa sebaik apapun sarana maupun pasarana pendukung serta organisasi pada akhirnya kinerja organisasi itu akan lebih di tentukan oleh factor sumber daya manusianya. Kompleksitas tantangan tugas kedepan dibidang penegakan hukum serta akseptasi masyarakat yang bergitu tinggi terhadap kinerja kejaksaan menuntut kesiapan sekaligus peningkatan kinerja jajaran Kejaksaan RI.

Sementara itu, pada sisi lain wilayah Provinsi Kepri yang terdiri dari pulau-pulau dengan pantainya yang terbuka serta berbatasan langsug dengan Negara-negara tetangga, menempatkan wilayah Kepri rentan terhadap terjadinya kejahatan-kejahatan yang bersekala internasional di bidang pidana khusus antara lain.

Tindak Pidana Kepabeanan, penyelundupan, pencucian uang (money laundering), tindak pidana di bidang perikanan, hal ini tentunya membutuhkan kewaspadaan dan perhatian khusus serta sinergi yang solid antara jajaran penegakan hukum dan wilayah ini.

Masalah penegakan hukum merupakan masalah besar yang sedang dihadapi oleh bangsa kita. Pada beberapa tahun belakangan ini setiap anggota masyarakat kita seakan tidak pernah berhenti membicarakan masalah penegakan hukum pada umumnya. Semua itu membawa konsekuensi betapa tingginya resistensi masyarakat terhadap kinerja lembaga kejaksaan sebagai institusi penegak hukum.Ungkapnya.

Kesalahn sekecil apapun yang dilakukan seorang jaksa akan berakibat kritikan yang sangat tajam, hujatan, bahkan ketidak percayaan public terhadap lembaga masyarakat kejaksaan RI.

Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini saya minta jajaran di wilayah Kepuluan Riau khususnya sudara Asisten Bidang Tindak Pidana khusus yang baru saja saya lantik untuk terus meningkatkan profesionalitas, integritas moral, serta disiplin yang tinggi.

Setiap penanganan perkara hendaknya dikalukan secara professional dan proporsional sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dengan memperhatikan nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat sehingga penegakan hukum akan dapat mewujudkan kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan social.

Jangan cederai rasa keadilan masyarakat, hindari sikap arogansi sebagai seorang aparat penegak hukum, jauhi komersialisasi jabatan serta jalin kerja sama yang baik dengan aparat penegak hukum lainnya dengan tugas wewenang dan tanggung jawab masing-masing.

Menurut Kajati kepada Media ini, Keberhasilan suatu penanganan perkara korupsi tidak hanya sebatas menjadikan seseorang sebagai tersangka atau terdakwa serta mengajukannya ke meja persidangan, tapi ada hal yang harus di cermati dan diperhatikan dan harus mendapatkan perhatian dari kita semua, yaitu :

1.Memaksimalkan penyelamatan keuangan Negara

2.Segera mungkin mengeksekusi terhadap seluruh perkara yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atai IN CRACHT, baik itu tentang pidana badan maupun pidana denda dan pembayaran uang pengganti.

3.Segera selesaikan seluruh tunggakan penanganan perkara sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang ada.

Selain ketiga hal di atas, ada satu tugas lagi yang harus Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus fahami, yaitu lingkup tugas saudara tidaklah hanya sebatas di lingkungan kantor kejaksaan tinggi semasta, tetapi juga meliputi seluruh Kejaksaan Negeri yang berbeda di daerah Kepuluan Riau.

IMG_2973Tugas ini memang berat, karena saudara harus memantau kinerja penanganan seluruh perkara tindak pidana khusus, saudara jiga selain memberi petunjuk teknis (supervise), juga harus bias mengantisipasi kendala penanganan korupsi perkara korupsi yang benar, cepat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Namun demikian, dengan semngat kerja keras menjaga kekompakan serta dengan kesungguhan saudara selaku pimpinan, saya yakin semua beban tugas dapat kita laksanakan dengan baik dan benar.

Selain diatas, pada kesempatan ini saya juga berharap saudara cepat beradaptasi dan dapat memberikan kontribusi yang nyata berupa capaian kinerja yang maksimal di bidang pidana khusus sehingga dapat bersama-sama berjuang menghadapi penilian Sidha Karya yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2014.Tuturnya.

Pada kesempatan ini, saya menucapkan selamat datang kepada Ibu Yulianto dan selamat bergabung dengan Keluarga Besar Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Wilayah Kepuluan Riau.
Semoga kehadiran ibu dapat memberi semangat dan ikut berperan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di Organisasi Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Wilayah Kepuluan Riau.(Andreas/Erva)

Check Also

Dinas kehutanan Provinsi Sumut selidiki banjir bandang di kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – akibat maraknya penebangan liar disekitar gunung lubuk raya, pihak Dinas Kehutanan Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *