Home » Berita Foto » Kapal Motor Reski Ilahi Pecah Dihantam Ombak Saat Berlabuh

Kapal Motor Reski Ilahi Pecah Dihantam Ombak Saat Berlabuh

Ilustrasi: kapal tenggelam.
Ilustrasi: kapal tenggelam.

Kep.Selayar,Sidaknews.com – Akibat gelombang laut besar sebuah kapal motor KLM.Reski Lilahi milik seorang nelayan Pecah. Kapal motor yang dinakhodai oleh Jamauddin (52) tahun asal Dusun Bonelambere, Desa Nyiur Indah, Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan mengalami kerugian sekitar lima puluh juta rupiah.

Kapal bernama KLM. Reski Ilahi tersebut, berangkat meninggalkan Pulau Kayuadi pada hari, Sabtu 18 Oktober, 2014 menuju Pulau Langkai, Kepulauan Pangkep dengan tujuan menyelam ikan dan teripang.

Kapal bermuatan 300 kilogram ikan itu, kandas di kawasan Taka’ di sekitar perairan Pulau Langkai dan mengakibatkan pecahnya badan kapal jollor yang ditumpangi oleh enam orang korban.

Kapal pecah sesaat setelah jangkar lepas. Pada saat kejadian, nakhoda bersama lima orang ABK nya sedang tertidur. Korban baru terbangun beberapa menit setelah kapal kandas diatas Taka’. Tidak ada korban jiwa dalam insiden pecahnya kapal jollor KLM Reski Ilahi.

Akan tetapi, kerugian ditaksir mencapai kisaran lima puluh juta rupiah. Nakhoda KLM. Reski Ilahi, Jamuddin menjelaskan, taksiran kerugian diperhitungkan dari biaya pembuatan kapal senilai empat puluh lima juta rupiah ditambah hilangnya perlengkapan enam pasang sepatu bebek yang digunakan menyelam oleh keenam korban. Kejadian pecahnya KLM. Reski Ilahi berlangsung pada hari Rabu,( 10/12) sekira pukul 10.00 Wita.

Beruntung, nakhoda kapal berhasil menghubungi kapal jollor lain dari Pulau Kayuadi yang dikemudikan Arsyik bersama satu orang abk bernama Jalling yang langsung merapat ke TKP dan menyelamatkan para korban berikut dua unit mesin kapal.

Hingga saat ini ke enam korban masing-masing atas nama : Jagong, Ramli, Senga, Padang, Loro dan Jamuddin telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Paotere,Makassar.(Fadly Syarif)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>