Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kapal VOC Rusak, Ratusan Penumpang Terlantar

Kapal VOC Rusak, Ratusan Penumpang Terlantar

Kapal Very VOC Tertunda Berangkat
Kapal Very VOC Tertunda keberangkatannya, karena mengalami kerusakan mesin 

Anambas,Sidaknews.com – Ratusan penumpang yang akan naik kapal jurusan Tarempa-Letung-Tanjungpinang terlantar di Pelabuhan Pemda, Tarempa sejak Sabtu (16/11) lalu.
Pasalnya, Kapal VOC Batavia yang melayani para penumpang tersebut mengalami kerusakan dan terpaksa menunda keberangkatan menunggu kapal tersebut diperbaiki.

“Kapal VOC Batavia sesuai jadwal seharusnya berangkat hari Sabtu (15/11) lalu, namun karena mengalami kerusakan terpaksa ditunda keberangkatannya menuju Tanjungpinang. Kapal saat ini menunggu spare part dari Tanjungpinang,” kata Plh Kepala Syahbandar Tarempa, Darlis, Senin(18/11).

Darlis menambahkan, kerusakan terjadi saat kapal dari Tanjungpinang menuju Tarempa, tepatnya memasuki perairan Letung. Saat itu bagian mesin kapal mengetahui jika pendingin mesin tidak berfungsi dan akhirnya mesin tidak berfungsi secara normal. Kapten kapal tetap berupaya untuk berjalan secara perlahan hingga sampai kepelabuhan Tarempa dengan selamat.

“Pendingin mesin rusak sehingga mengakibatkan mesinnya tidak bisa berjalan secara normal. Namun kapal tetap berjalan walaupun lambat namun bisa juga sampai di pelabuhan Tarempa dengan selamat. Saat ini pihak kapal sudah berupaya untuk memperbaikinya dan kabarnya menungga sparepart mesin dari Tanjungpinang yang dibawa oleh kapal Seven Star Island yang masuk hari ini,”katanya.

Akibat terjadinya kerusakan pendingin mesin, kata Darlis terpaksa jadwal keberangkatan diundur hingga Selasa (hari ini,red) sambil menunggu sparepart datang dan langsung dilakukan perbaikan kapal. Namun beberapa penumpang sempat memaksa untuk diberangkatkan ke Tanjungpinang namun tidak diijinkan oleh pihak Syahbandar.

“Di pelabuhan sudah dibuat pengumuman penundaan keberangkatan hingga Selasa, namun kita lihat nanti apakah selesai diperbaiki saat kedatangan sparepart atau tidak namun yang pasti hari Selasa (19/11), satu kapal berangkat yakni Seven Star Island tapi jika VOC juga selesai diperbaiki akan kita berangkatkan juga namun tetap kita menunggu koordinasi dengan pihak manajemen kapal. Bahkan ada penumpang meminta agar tetap diberangkatkan namun kita tidak ijinkan padahal, ini untuk keselamatan penumpang itu sendiri,” katanya.

Sementara, Rudi salah satu penumpang yang telah membeli tiket mengaku kecewa karena tidak bisa berangkat ke Tanjungpinang. Namun, dirinya tetap menunggu kepastian dari pihak kapal VOC Batavia apakah ada perubahan jadwal atau ada kapal penggantinya.

“Kalau memang kapal yang rusak bagaimana lagi, kita terpaksa menunggulah dan kabarnya hari ini, Senin (kemarin, red) kapal Seven Star Island sudah berangkat dari Tanjungpinang dan sore pasti sudah sampai. Biasanya besok pagi pasti berangkat dan akan kita dengar aja kabar dari agen kapal apakah bisa besok berangkat atau tidak,” tukasnya.(nel/**)

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>