Home » Berita Foto » Karawang Kekurangan 4.642 Guru

Karawang Kekurangan 4.642 Guru

Kantor Disdikpora Kabupaten Karawang
Kantor Disdikpora Kabupaten Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian Dadan Hendrayana, kepada wartawan menuturkan, saat ini, Karawang kekurangan 4.642 guru PNS.

Jumlah sebanyak itu dirangkum dari data tiap sekolah yang masuk per tahun 2014. “Guru PNS yang pensiun dan guru PNS yang masuk jumlahnya imbang. Seharusnya, guru PNS yang masuk lebih banyak ketimbang guru yang pensiun. Tapi kami tidak bisa melakukan apa-apa, karena kebijakan pengangkatan guru PNS sepenuhnya wewenang Pemerintah Pusat.” Katanya.

Ia juga mengeluhkan soal minimnya tenaga staff tata usaha di tiap sekolah. “Kalau staff tata usaha pensiun, maka sulit mencari penggantinya. Soalnya memang, tidak ada lagi perekrutan staff tata usaha PNS. Biasanya, pihak sekolah mengakali dengan merekrut staff honorer.” tuturnya.

Di level sekolah dasar negeri, Karawang membutuhkan 8.818 guru, baru terpenuhi 5.655 guru. Di tingkatan SMPN, idealnya membutuhkan 2.602 guru, baru terpenuhi 1.258 guru. Sedangkan di tingkat SMAN, dibutuhkan 860 guru, terpenuhi 542 guru. Di level SMKN, Karawang membutuhkan 529 guru, baru terpenuhi 225 guru.

Untuk mengakali kekurangan guru, sekolah masing-masing terpaksa merekrut guru-guru honorer dan guru tidak tetap. “Data yang ada pada kami, guru honorer dan guru tidak tetap di Karawang jumlahnya mencapai 5.129 orang.” Imbuhnya.

Namun, perekrutan guru honorer menjadi beban tersendiri bagi pihak sekolah. “Tentunya dengan perekrutan ini ada konsekuensi beban biaya.” Kata dia.

Info terakhir yang diterima Dadan, tahun ini Karawang bakal membuka pendaftaran PNS lewat jalur umum. Namun, ia pesimis kekurangan guru bisa tertutupi lewat perekrutan PNS. “PNS itu bukan hanya guru,” pungkasnya. (ega)

 

 

Check Also

Abdullah Puteh ketika menyampaikan orasi politiknya dihadapkan masyarakat Asam Peutek.

Abdullah Puteh: Jangan Takut Dengan Intimidasi

Langsa, sidaknews.com – Menjelang pemilihan Gubernur/wakil Gubernur dan Walikota/wakil Walikota pada 15 Februari nantinya, diminta …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>