Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Karawang Siap Jadi Kota Layak Anak

Karawang Siap Jadi Kota Layak Anak

Kabupaten Kota Layak Anak(B)KARAWANG,sidaknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang Jawa Barat terus berbenah diri untuk mempersiapkan Karawang menjadi Kota Layak Anak. Melalui berbagai program dan rancangan pembangunan fasilitas dibeberapa tempat, seperti pusat pengembangan potensi anak, tempat bermain anak dan taman cerdas. Diyakini dapat memuluskan langkah Pemkab untuk mewujudkan rencana tersebut.

Ditemui sidaknews.com beberapa waktu lalu, D. Khaidir Kholid, Kasubid Perlindungan Perempuan dan Anak, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Karawang mengatakan, dari hasil rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), disepakati bahwa Karawang akan dijadikan sebagai Kota Layak Anak. Pada tahun 2014 ini, program-program pendukung akan mulai dijalankan.

“Insya Allah tahun ini, program tersebut sudah mulai jalan. itu hasil rapat bersama antar OPD,” ujar Khadir.

Khaidir menuturkan lebih lanjut, untuk mengawali program kota layak anak, Pemkab Karawang akan terlebih dahulu menerapkannya di pusat kota, sebagai uji coba dan sekaligus percontohan untuk wilayah lainnya. Untuk itu, ada beberapa fasilitas yang akan dibangun untuk mendukung program kota layak anak. Pembangun sendiri rencananya difokuskan di sepanjang jalur utama Karawang, mulai dari Mega-M sampai lampu merah By Pass.

Kabupaten Kota Layak Anak(a)“Rencananya GOR Panatayudha akan menjadi pusat pengembangkan potensi anak, Karangpawitan difokuskan untuk tempat bermain anak. Selain itu, kami juga akan membangun Puskemas (Pusat Kesehatan Masyarakat) ramah anak diantara zona percontohan,” jelasnya.

Selain fasilitas yang telah disebutkan, Pemkab Karawang juga akan memaksimalkan peranan Perpustakaan Daerah (Perpusda) untuk menjadi taman bacaan. Serta membangun zona aman di jalan raya dan berbagai fasilitas lainnya.

“Kami juga berencana membangun taman cerdas disekitar Karangpawitan, dengan fasilitas teknologi komputer, hotspot dan radio mini untuk pembelajaran anak. Kami juga akan menata ulang kaki lima yang ada di daerah tersebut,” ungkap Khaidir.

Sebelum diputuskan menjadi kota layak anak, terlebih dahulu akan diadakan sebuah penilaian. Dimana hal dominan yang dinilai adalah terbentuknya forum anak dan keatifannya, dengan presentase mencapai 40 persen. Khaidir berharap, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2014, seluruh pembangunan yang direncanakan bisa mulai berjalan.

“Untuk forum anak alhamdulillah sudah terbentuk. Sedangkan soal penganggaran pembangunan fasilitas pendukung, ada di setiap OPD. Jadi program ini melibatkan seluruh unsur OPD agar lebih maksimal,” ungkap Khaidir.

Ditemui ditempat terpisah, salah satu pengurus Forum Anak Daerah Singaperbangsa, Muhammad Bastanta mengatakan, untuk mendukung rencana menjadikan Karawang sebagai kota layak anak, maka pada bulan Juli tahun 2012 dibentuklah Forum Anak Daerah Singaperbangsa, dibawah naungan BKBPP Karawang. Dimana tujuannya adalah untuk menjadi wadah aspirasi bagi anak-anak di Kabupaten Karawang.

“Kami berdiri sejak Juli 2012, beranggontakan anak-anak se-Kabupaten Karawang. Tujuannya untuk bisa memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan anak yang ada saat ini,” terang Bastanta.

Diharapkan Bastanta, langkah Pemkab untuk menjadikan Karawang sebagai kota layak anak bisa segera terwujud. Sehingga kehidupan anak-anak di Karawang bisa lebih terjamin dan terarah, sesuai dengan usianya masing-masing.(ega)

Check Also

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng saat membuka secara resmi Orientasi Kepalangmerahan dan Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Bireuen. FOTO/TARMIZI A. GANI.

Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Bireuen Dibuka Teuku Alaidinsyah

Bireuen, sidaknews.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>