Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kawanan Pencuri Baterai Lampu Jalan Digulung Polisi

Kawanan Pencuri Baterai Lampu Jalan Digulung Polisi

Zainal
Mustafa, otak pelaku pencurian saat diwawancarai sejumlah awak media di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (18/3). Pelaku ini bekerja sebagai sekuriti di kantor BPN Tanjungpinang. Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Sebanyak delapan pelaku pencurian baterai (accu) pembangkit listrik tenaga surya pada sejumlah lampu jalan di daerah Dompak dan Senggarang Tanjungpinang dibekuk polisi.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Dwita Kumu Wardana melalui Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Reza Morandi Tarigan menyatakan jika kasus pencurian tersebut terungkap setelah sebelumnya pegawai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanjungpinang dan juga pegawai Pemerintah Provinsi Kepri membuat laporan.

“Pihak dinas terkait membuat laporan ke kita perihal hilangnya sejumlah baterai tersebut. Salah satu pelapornya Amrialis, pegawai Dinas PU Kota Tanjungpinang,” ujar Reza dalam siaran persnya, Rabu (18/3).

Dikatakan Reza, sejak dilaporkan, akhirnya kasus ini terungkap setelah dilakukan penyelidikan selama kurang lebih sembilan bulan.”Dan akhirnya, kita dapat menangkap otak pelaku pencurian,” kata Reza.

Dikatakan Reza, otak pelaku bernama Mustafa yang berprofesi sebagai seorang petugas keamanan (security) di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanjungpinang.

“Pelaku ini sempat kabur ke daerah Kota Batam sebelum akhirnya ditangkap,” ujar Reza.

Masih Reza, setelah berhasil menangkap otak pelakunya, kemudian pihaknya kembali mengamankan sejumlah pelaku lainnya yakni Azlan, Edi, Agus Riki, Sadali Amir serta dua pelaku yang masih dibawah umur berinisial Dd, Fr.

“Dua pelaku pencurian masih di bawah umur,” ujar Reza.

Selain itu, lanjt Reza, pihaknya juga berhasil mengamankan Zainal, seorang pelaku lagi yang bertindak sebagai penadah barang-barang hasil curian tersebut.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, para pelaku melakukan aksinya pada malam hari dengan cara memanjat tiang lampu, kemudian dengan sebuah tang pelaku mencopot baterai yang terpasang di atas tiang.

“Kemudian, pelaku yang di atas tiang menjatuhkan baterai ke bawah dan pelaku yang lain menyambutnya di bawah,” kata Reza.

Dikatakan Reza, selama komplotan ini beraksi, mereka telah berhasil mengambil baterai dari sekitar 214 tiang lampu jalan yang berada di sekitar jalan Dompak.

“Ada 40 baterai yang ada di sekitar ruas sepanjang Senggarang. Sebagiannya sudah terjual, sedangkan untuk barang bukti telah diamankan lima unit baterai,” katanya.

Akibat ulah para pelaku mengambil barang-barang yang merupakan fasilitas umum ini, kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 200 juta. Para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian.

“Sementara untuk penadah dijerat dengan ketentuan pasal 480 KUHP,” urainya.

Zainal, otak pelaku pencurian mengatakan, jika dirinya nekat melakukan pencurian karena desakan ekonomi. Ia mengajak sejumlah pelaku lainnya yang masih bersaudara dengan dirinya.

“Untuk makan aja bang,” ujar Zainal ketika dicecar pertanyaan oleh sejumlah wartawan.(Rindu Sianipar)

Check Also

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus.

Polda Jabar Akan Mengusut Peyebar Berita HOAX Penculikan Anak

Bandung,sidaknews.com – Terkait penyebar berita bohong (hoax) tentang penculikan anak di media sosial (medsos) yang sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>