Sabtu , 27 Mei 2017
Home » Kepri » KBS Dan SKTM Tak Berlaku

KBS Dan SKTM Tak Berlaku

BINTAN , Sidaknews.com– Ratusan murid dan siswa baru akan mengawali masuk sekolah tahun ajaran 2013-2014, Senin (15/7) hari ini. Namun, siswa dan murid dari keluarga kurang mampu sebagian besar mengeluh karena belum menerima bantuan yang dijanjikan pemerintah. Pemkab Bintan beberapa waktu lalu sudah menyatakan menjamin pendidikan bagi anak keluarga kurang mampu.
Jaminan itu bukan saja melalui biaya pendidikan gratis. Tapi pemerintah akan memberikan bantuan seragam sekolah secara lengkap kepada murid dan siswa kurang mampu. Masyarakat dari kalangan ekonomi kurang mampu itu dibuktikan dengan cara terdaftar sebagai pemegang Kartu bintan sejahtera (KBS), per Januari 2013 lalu. Masyarakat miskin dan kurang mampu yang belum terdaftar sebagai penerima KBS, bisa menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM).
Seorang warga Kijang, Rudi mengaku, sulit masuk sekolah jika tidak memiliki biaya. Meski mengantongi KBS dan SKTM, hanya pendaftaran saja yang gratis. Sedangkan untuk perlengkapan, tetap saja mengeluarkan uang.
“Kami tidak paham bagaimana mendapatkan bantuan pemerintah. Kami sudah gunakan SKTM, tetap saja tidak dilayani oleh pihak sekolah,” kata Rudi di sela-sela mendaftar ulang di salah satu SLTA Bintan Timur, kemarin.
Muttaqin Yaser, Ketua Komisi III bidang pendidikan DPRD Bintan membenarkan kondisi pendidikan di awal tahun baru ajaran sekarang. Pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk pendidikan masyarakat miskin dan kurang mampu. Bantuan itu disalurkan kepada pemegang KBS maupun SKTM.
“Tapi nyatanya, masih ada warga miskin dan kurang mampu yang tidak dilayani pada saat masuk sekolah kemarin. Bahkan KBS dan SKTM yang dibawa warga ada yang tidak berlaku bagi sekolah. Buktinya, warga tetap saja dipungut biaya oleh sekolah terkait,” ujar Muttaqin Yaser, Minggu (14/7).
Pada saat penerimaan murid dan siswa baru, lanjut Muttaqin Yaser, mayoritas sekolah memungut biaya pendaftaran. Selain itu, warga mengeluh dengan kebijakan sekolah favorit ketika menyeleksi siswa baru.
Masih terdapat praktik KKN dan jatah untuk masing-masing guru sekolah terkait. Artinya, masyarakat dari ekonomi mampu lebih berpeluang masuk ke sekolah favorit dibandingkan keluarga kurang mampu atau miskin.Masalah lain, tambah Muttaqin, beberapa sekolah sampai saat ini masih ada yang tidak mengetahui bagaimana memberikan pelayanan kepada pemegang KBS maupun SKTM.
Sehingga masyarakat yang memegang KBS dan SKTM untuk pendidikan itu tetap saja dibebankan biaya. Seperti untuk seluruh SMK di Bintan menetapkan biaya masuk itu Rp900 ribu. Kemungkinan karena kebutuhan tambahan sarana praktikum, itu bisa dimaklumi. Tapi untuk sekolah negeri sudah dibiayai pemerintah, harusnya gratis pendaftaran.
“Khusus bagi pemegang KBS dan SKTM justru diberikan bantuan. Tapi itu tidak berjalan. Sama saja KBS dan SKTM tidak berlaku. Kami sudah menyampaikan ini kepada Disdikpora. Tapi belum ada laporan bagaimana solusinya bagi warga pemegang KBS dan SKTM itu,” kata Muttaqin Yaser.
Sementara itu, seoamg warga yang sudah menjadi warga Bintan karena  sebelumnya warga Tanjungpinang menyampaikan pada wartawan Sidak Indonesia ingin mendapatkan KBS tetapi setelah diusulkan ke pihak kelurahan tempat tinggalnya menyampaikan kalau kuota untuk penerima KBS sudah tidak ada lagi. ‘Padahal saya sangat mengahapkan lho bang, untuk membantu kami dalam melanjutkan pendidikan anak.” Ujar warga tersebut.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bintan, Makhfur Zurachman, menyampaikan, siswa yang memiliki KBS atau SKTM akan diberikan bantuan untuk perlengkapan sekolah dan biaya pendidikan gratis. Dari KBS atau SKTM itu, masing-masing sekolah mendata dan menyampaikan kepada Disdikpora.
“Ini sudah kebijakan Bupati Bintan, Ansar Ahmad. Warga yang memegang KBS dan SKTM, diberi bantuan perlengkapan sekolah lengkap. Masyarakat tinggal menyerahkan kepada pihak sekolah saja. Selanjutnya sekolah yang mengajukan kepada kami,” jelas Makhfur baru-baru ini. {ton}

 

Check Also

Bhabinkamtibmas Polsek Birem Bayeun Salurkan Bantuan Sembako

Langsa, sidaknews.com – Bhabinkamtibmas Polsek Birem Bayeun Resor Langsa, Bripka Boy Sandi menyalurkan bantuan sembilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *