Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kegiatan Festival Danau Matano Dalam Pembahasan

Kegiatan Festival Danau Matano Dalam Pembahasan

Kabid
Sumiati Ilyas, Kabid Pariwisata Dikbudparmudora  Kabupaten Lutim. Foto: Amir Daus 

Lutim, sidaknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) terus melakukan penyempurnaan untuk mensukseskan kegiatan Festival Danau Matano (FDM) yang akan digelar 3-7 Mei 2015.

Salah satu persiapan untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Pemkab Lutim kini menggelar rapat persiapan yang menghadirkan semua elemen terkait pada pelaksanaan FDM 2015 di Gedung Ontae Luwu, Sorowako Kecamatan Nuha, Senin (2/3) kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur Amran Syam, Manajemen PT. Vale Tbk, Tokoh Masyarakat Matano, para budayawan, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Lutim, Camat Lingkup Kabupaten Luwu Timur serta organisasi organisasi pemuda.

Rapat bertujuan membahas berbagai persiapan mulai dari uraian tugas masing masing panitia sampai jadwal dan tempat pelaksanaan kegiatan serta penentuan logo kegiatan.

Asisten Pemerintahan Syahidin Halun, selaku Ketua Panitia FDM juga menganjurkan untuk semua panitia agar kini membenahi diri untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Semua hasil rapat yang kini diputuskan akan diberi terus berbenah untuk mensukseskan kegiatan tersebut, dari hasil rapat yang akan diadakan nantinya akan jadi bahan laporan ke Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tujuan kita menggelar rapat ini untuk mengintensifkan komunikasi guna mematangkan persiapan yang dibutuhkan nantinya, mengingat perhelatan Festival Danau Matano semakin dekat.” ungkap Syahidin‎ saat membuka rapat.

Dalam pertemuan tersebut direncanakan digelar beberapa jenis lomba antara lain pemilihan putra-putri Danau Matano, seminar Danau Matano, wisata kuliner, pameran foto dan kerajinan.

“Serta menggelar beberapa agenda budaya diantaranya Gelar Budaya dan Pameran Seni budaya,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, panitia juga akan berupaya menampilkan permainan rakyat dan kearifan lokal yang dimiliki seperti gasing, enggrang, mallogo, hampal, enggo, ma cukke’ dan sibiti’.

Di samping itu, panitia juga akan menggelar lomba seperti mini marathon, triathlon, lomba perahu dayung serta karnaval perahu/raft.

Sumiati Ilyas, Kabid Pariwisata Dikbudparmudora Lutim mengatakan, jika semua pegawai dari bidang pariwisata di dinas terkait yang awalnya mengusulkan kembali tentang kegiatan tersebut, kini bisa didukung di berbagai elemen.

Pada tahun 2009 hingga 2012 kegiatan tersebut tidak terealisasi, dan pada tahun 2015 baru bisa “digolkan” oleh bidang parawisata. “Alhamdulilah, kegiatan ini sudah direspon oleh Pemerintahan Luwu timur, kegiatan ini sudah diusulkan pada tahun tahun yang lalu, tapi sekarang sudah bisa terwujud.

Sumiati juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyrakat agar bisa mendukung sepenuhnya untuk pelaksanaan festival ini.”Dan alhamdulilah, kita juga didukung oleh elemen elemen Pemkab lutim,” ujarnya.(Amir Daus)

Check Also

Perseturuan Sengketa Informasi Direktur RSJD Babel Berakhir Mediasi

Pangkalpinang, sidaknews.com -Setelah beberapa kali dalam persidangan ajudikasi sengketa informasi di Komisi Informasi (KI) Bangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *