Minggu , 26 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kejari Tanjungpinang Selamatkan Uang Negara Rp 2,8 M

Kejari Tanjungpinang Selamatkan Uang Negara Rp 2,8 M

-Periode Januari-Februari 2015

Kajari Tanjungpinang, Herry Ahmad Pribadi. Foto: dok
Kajari Tanjungpinang, Herry Ahmad Pribadi. Foto: dok

Tanjungpinang, sidaknews.com – Dalam kurun waktu awal bulan Januari hingga akhir bulan Februari 2015 jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp 2.823.363.743,79.

Kepala Kejari Tanjungpinang, Herry Ahmad Pribadi mengatakan, dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tersebut telah disetorkan ke kas negara.

“Hal ini kita sampaikan, agar masyarakat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh Kejari Tanjungpinang selama dua bulan terakhir ini,” ujar Herry saat menggelar pertemuan/silaturahim atau “coffe morning” antara Kejari Tanjungpinang dengan sejumlah awak media di Rumah Makan Sederhana Tepi Laut Tanjungpinang, Rabu (4/3).

Dana PNBP tersebut didapat dari sejumlah penanganan kasus di Kejari Tanjungpinang, baik perkara pidana umum (pidum) maupun pidana khusus (pidsus). Berikut rincian dana hasil PNBP tersebut:

1. Uang pengganti perkara pidsus sebesar Rp 2.508.127.671,79
2. Denda tilang dan verstek serta denda perkara pidsus senilai 136.220.000

3. Biaya perkara tilang, pidum atau pidsus sebesar Rp 622.000

4. Uang sitaan hasil korupsi perkara pidsus sebesar Rp 83.930.600

5. Uang sitaan rampasan perkara pidum sebesar Rp 3.802.000

Selain menerangkan kinerja penyelamatan uang negara, dalam kesempatan tersebut, Herry juga mengatakan, pihaknya juga tidak saja melakukan tindakan represif atau penindakan terhadap pelaku kejahatan.

Namun, kata dia, juga mengedepankan tindakan prefentif atau pencegahan dan edukatif dengan memberikan penyuluhan dan penerangan hukum untuk menciptakan masyarakat sadar hukum.

“Baru-baru ini, kita telah melakukan penyuluhan hukum di sekolah salah satunya digelar di halaman SMA N 2 Tanjungpinang yang diikuti sekitar 1500 pelajar. Mereka sangat antusias mengikutinya,” ujar Herry.

Selain kepada pelajar dan masyarakat umum, lanjut Herry, penyuluhan hukum juga dilaksanakan dengan Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan.”Kemarin telah dilaksanakan dengan Inspektorat, seluruh jajaran pejabat hadir,” katanya.

“Semuanya (penyuluhan hukum-red) dilakukan bertujuan untuk upaya mencegah terjadinya perbuatan melanggar hukum,” katanya.

Meski demikian, Herry menegaskan jika pihaknya berkomitmen memberantas segala tindak pidana korupsi atau tindak pidana lainnya yang tidak luput dari perhatian masyarakat untuk diselesaikan dengan baik demi kepastian hukum dan keadilan masyarakat.(Rindu Sianipar)

Check Also

Ir H. Yusri Yusuf atau lebih dikenal dengan Yusri Melon mengunjungi dan menyalurkan bantuan sembako kepada  korban angin kencang yang menimpa beberapa rumah di Desa Deah Pangwa Dusun Bale Ara Kecamatan Trienggadeng, Sabtu sore (25/3/2017).

Yusri Melon Kunjungi Korban Angin Puting Beliung 

Pidie Jaya, sidaknews.com – Ir H. Yusri Yusuf aatau lebih dikenal dengan Yusri Melon mengunjungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>