Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kelapa di Bireuen Langka, Forka Minta Perhatian Khusus

Kelapa di Bireuen Langka, Forka Minta Perhatian Khusus

Salah Seorang Penjual Kelapa Bulat di Bireuen Sedang Bersama Barang Kelapa Jualannya (Foto, Tarmizi A. Gani)
Salah Seorang Penjual Kelapa Bulat di Bireuen Sedang Bersama Barang Kelapa Jualannya (Foto, Tarmizi A. Gani)

Bireuen,Aceh.Sidaknews.com – Sebagai informasi, bahawa Kabupaten Bireuen merupakan salah satu Kabupaten penghasil kelapa terbesar di Aceh, kelapa tersebut selain di gunakan di Bireuen juga dibawa ke Medan dan Keluar Negeri.

Ketua Forum Kelapa Aceh (ForKa) Azwani (Keuchik Ali) mengatakan langkanya ketersedian kelapa di Bireuen akibat dari salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya peremajaan pohon kelapa yang sudah semakin punah, baik karena di potong atau karena perluasan areal pemukiman penduduk, ungkap Keuchik Ali, Minggu.(07/12/2014).

Forum Kelapa Aceh (ForKa) mengimbau kepada seluruh para stakeholder dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan kelapa agar tidak hanya berpangkutangan saja, akan tetapi perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk mengatasi persoalan tersebut, imbaunya, melalui media ini.

“Sementara di Bireuen, di katakan beberapa warga hari ini mulai sulit mencari kelapa, tadi pagi saya harus pergi kebeberapa kedai untuk dapat kelapa, isteri saya mau masak gulai (kuah-red), akhirnya di kedai yang ke lima baru saya dapat, itu pun kelapa yang buahnya kecil, pedagang bilang kelapa sekarang sudah mahal karena sudah mulai mulai di jual ke Medan bahkan ke luar negeri”.

Di tempat terpisah ketua Forum Komunikasi Pemuda Bireuen (Fokos-PB) Said Fajri SH, Pemuda Tani HKTI Aceh dan Koordinator Teritorial Wilayah Aceh APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) mendukung langkah parsipatif dan imbauan yang di lakukan ketua Forum Kelapa Aceh (ForKa) demi masa depan pangan dan ekonomi berbasis kerakyatan di Kabupaten Bireuen secara khusus dan bahkan seluruh Aceh, ungkap kepada media ini.(Tarmizi A.Gani)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ka Kwarcab Pramuka Sergai Drs. Jhoni Walker Manik, MM tengah menyematkan tanda peserta pada pembukaan LT III Kwarcab Sergai Tahun 2017 yang berlokasi di Objek Wisata Pantai Cemara Kembar Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Sabtu, (25/3).

Pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Pramuka Sergai Tahun 2017

-Pramuka Harus Miliki Prinsip Dasar Kemampuan dan Kepemimpinan Sergai, sidaknews.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>