Home » Daerah » Aceh » Kelompok Tani Se-Kabupaten Bireuen Ikuti Lomba Asah Trampil

Kelompok Tani Se-Kabupaten Bireuen Ikuti Lomba Asah Trampil

Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Mursyid SP  Menyampaikan Laporan Kegiatan Asah Trampil (Foto, TARMIZI A. GANI)
Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Mursyid SP Menyampaikan Laporan Kegiatan Asah Trampil (Foto, TARMIZI A. GANI)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Bireuen melakukan kegiatan Lomba Asah Terampil Gabungan Kelompok Tani, Kamis 20/11/2014, yang di ikuti 17 kelompok tani se-Kabupaten Bireuen, lomba tersebut di gelar di halaman kantor BP2KP setempat.

Menurut Mursyid, SP selaku Kepala BP2KP Bireuen mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan kreativitas serta mempertajam daya pikir para penyuluh menjadi lebih cerdas dalam menyelesaikan tugas di bidangnya, sehingga mampu meningkatkan taraf hidupnya sendiri dan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Bireuen, H Ruslan M Daud saat membuka Lomba Asah Terampil Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Bireuen mengatakan, ketahanan pangan hal yang sangat mendasar dalam kehidupan umat manusia.

“Ketahanan pangan yang berdaulat, sangat dibutuhkan peran kelompok tani sebagai pelaku utama produksi pangan. Pemberdayaan kelompok tani merupakan kunci utama tercapainya sasaran pembangunan pangan yang berdaulat,” jelas Bupati Ruslan.

Selain itu, Mursyid, SP di dampingi Ir. Mawardi (Ketua panitia) juga menyatakan, dalam rangkaian Lomba Asah Terampil ini, Bupati Ruslan M Daud ikut menyerahkan bantuan dari Kementerian Transmigrasi RI untuk pengembangan tanaman tahun 2014 senilai Rp. 650 juta kepada 100 warga Transmigrasi lokal Krueng Meuseugop, Kecamatan Simpang Mamplam ( sebelah barat Bireuen).

Sedangkan, bantuan lainnya yang bersumber dari Kementerian Sosial RI tahun 2014 antara lain bantuan kegiatan rehab mesjid, pembangunan meunasah dan tempat wudhuk untuk Desa Calok Kecamatan Simpang Mamplam, Desa Paya Cut Kecamatan Peusangan, Desa Lueng Baro, Kecamatan Peusangan Selatan Peusangan Selatan dan Desa Pinto Rimba Kecamatan Peudada. Masing-masing desa mendapat bantuan Rp.109 juta, ungkap Mursyid kembali.

Mursyid menjelaskan, saat ini jumlah Gapoktan di 17 Kecamatan dan 609 desa dalam Kabupaten Bireuen berjumlah 1.928 kelompok, sedangkan yang ikut serta dalam lomba asah trampil ini berjumlah 17 kelompok.

Pelaksanaan lomba Asah Terampil ini, turut dihadiri pejabat di lingkungan pemda Bireuen, unsur muspida dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Aceh Ir Iskandar Idris, Direksi PT PIM Krueng Geukueh, Ketua Forum Kakao Aceh dan sejumlah undangan lainnya.

Pemenang lomba asah trampil tersebut, Juara I dari regu BP3K Peusangan, Juara II dari regu BP3K Simpang Mamplam, Juara III dari regu BP3K Jeunieb, sedangkan harapan I dari regu BP3K Siblah Krueng, harapan II dari regu Kota Juang dan harapan III dari regu BP3K Peulimbang. (Tarmizi/Hasbi)

 

 

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>