Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kesenian Tradisional menjadi Prioritas Siswa SMAN 3 Karawang

Kesenian Tradisional menjadi Prioritas Siswa SMAN 3 Karawang

wakil
wakasek Kesiswaan SMAN3 Karawang Drs.Sukmawati.

Karawang.sidaknews.com- Ditengah minimnya bakat anak dibidang kesenian tradisional, justru di SMAN 3 Karawang mayoritas siswa sangat antusias menggeluti kesenian tersebut

Hal itu terbukti dengan banyaknya tropi yang sudah diraih siswa di sekolah tersebut dalam bidang kesenian. Hal itu terjadi karena kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Karawang Jawa Barat lebih mengedepankan kegiatan seni, baik itu musik ataupun tarian tradisional.

Hal ini dibenarkan Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Karawang Drs.Sukmawati. Menurut dia, mayoritas siswa di sekolahnya memang sangat mencintai dunia seni, terlebih seni musik seperti angklung, degung dan seni musik tradisional lain.

“Ada juga siswa kita yang banyak memilih menggeluti seni musik modern,” ujar Sukmawati kepada sidaknews.com di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, selain menggeluti dunia seni musik, di SMAN 3 Karawang juga banyak siswa yang menggeluti dunia tari jaipong. Bahkan tahun lalu ada siswa di sekolah tersebut yang berhasil menjadi juara 1 lomba menari tradisional Jaipong tingkat Kabupaten antar SMA/SMK se Kabupaten Karawang.
“Tentu ini menjadi kebanggaan semua guru dan siswa di SMKN 3 Karawang,” katanya.

Untuk menyalurkan bakat anak dibidang seni itu, pihak sekolah sengaja terus melengkapi kebutuhan alat musik untuk siswa di SMAN 3. Sukma menyebutkan, semua alat musik kesenian tradisional sudah lengkap dimiliki oleh pihak sekolah.
“Kecuali alat musik modern bagi anak yang hobi main musik band, kita belum punya alatnya,” jelasnya.

Di SMAN 3 Karawang ini, tidak sedikit juga siswa laki-laki yang memiliki grup band. Meskipun di sekolah belum disediakan alat musik modern tersebut, namun banyak siswa yang lebih memilih berlatih di rental musik di luar sekolah.
“Kalau ada acara perpisahan atau pentas seni, banyak juga siswa kita yang menampilkan grup band nya masing-masing,” tandasnya.

Sukmawati manambahkan, kegiatan ekskul di SMAN 3 Karawang ini tidak setiap hari digelar. Kegiatan tambahan itu hanya diperbolehkan untuk siswa pada hari senin dan kamis.

“Itupun hanya kelas sepuluh (X) dan sebelas (XI) saja, karena kelas dua belas (XII) sedang konsen menghadapi UN. “Ya harapan kita siswa terus berkreasi di bidang kesenian tradisional ataupun modern sehingga bakat mereka bisa disalurkan,” pungkasnya.

Sementara itu seorang siswa SMAN 3 Karawang Anggiani Megawati yang tak lain siswi peraih juara 1 lomba tari jaipong tingkat kabupaten mengaku bangga sekolah di SMAN 3 Karawang. Ia yang hobi menari ini terus mengembangkan bakatnya bahkan tidak sungkan mengajarkan hobinya itu ke teman-temannya di sekolah (ega nugraha)

Check Also

Tiga Pelaku Pengeroyokan Wartawan Berhasil Ditangkap Polda Sumut

Medan, sidaknews.com – Tiga orang tersangka pelakukasus pengeroyokan terhadap seorang wartawan Inews Tv bernama Adi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *