Home » Berita Foto » Kinerja PPL Medalsari Mandul

Kinerja PPL Medalsari Mandul

SEPETAK, (Serikat Petani Karawang)
SEPETAK, (Serikat Petani Karawang)

KARAWANG,Sidaknews.com – Karawang sebagai Kabupaten yang mayoritas mata pencaharian masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan bahkan menjadi daerah penyuplai beras terbesar di jawa barat. Seharusnya dengan potensi agraria yang melimpah seperti itu seharusnya mampu memberikan peningkatan terhadap perekonomian masyarakatnya. Sehingga mampu menjawab masalah kemuskinan yang berkepanjangan di Kabupaten Karawang.

Medalsari sebagai desa yang terletak di kawasan hutan yang berada di selatan kabupaten karawang yang juga berbatasan dengan wilayah Cianjur dan Bogor tersebut. Sekitar 90% masyarakatnya adalah petani sawah dan petani kebun.

Tentu saja kesuburan alam yang ada di daerah Medalsari tersebut tidak serta merta mampu meningkatkan produktifitas pertanian baik secara kualitas dan kuantitas.

Hal ini dikarenakan berbagai hal salah satunya adalah tidak adanya peranan Unit Pelaksana Teknis yang melakukan penyuluhan dilapangan.

“Kendala tersebut, tentu saja sangat dirasakan pengaruhnya oleh masyarakat petani yang ada disana. ketika peneliti dari Serikat Petani Karawang bahwasanya sampai saat ini petani masih belum paham cara menamam yang baik dan benar bahkan untuk takaran pemupukan tanaman petani masih teramat buta bahkan tidak memahami akan hal tersebut,” beber Odang Rodiana Anggota Serikat Petani Karawang.

Di beberapa kampung yang lain di desa medalsari juga menghadapi hal yang serupa, seperti yang diungkapkan Asep warga kampung. Tegal Kupa.

“Selama ini di desa kami belum pernah ada penyuluhan pertanian, sehingga banyak petani yang mengalami kesalahan dalam penanaman sehingga hasil panen petani tidak pernah mencapai hasil yang maksimal dan bahkan merugi,” ucap Asep petani Desa Medalsari.

Selain masalah ketiadaan penyuluhan, masalah infrastruktur pertanian juga ikut menambah masalah yang mengakibatkan kemiskinan di Desa Medalsari kian mengakar yang menjadikan kemiskinan yang berkepanjaangan.

“Didalam data BPS tahun 2013 di medalsari juga tercatat sebagai daerah yang mendalami Gizi Buruk pada warganya,” ucap Odang
Ironisnya, keadaan tersebut tidak mampu di jawab oleh pemerintah selama ini. Negara yang seharusnya meberikan jaminan kesejahteraan rakyatnya.

“Maka tentu saja kemiskinan dikarawang bukan semata takdir ataupun ketidkmampuan warganya, namun dalam hal ini pemerintah melalui perangkat kerjanya tidak mampu melaksanakan tugasnya,” tukas Odang.(Men)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>