Home » Daerah » Babel » Kisah Perjuangan Suku Tionghoa

Kisah Perjuangan Suku Tionghoa

Kisah Perjuangan Suku Tionghoa
Ilustrasi.

Bangka Belitung, Sidaknews.com – Betulkah suku Tionghoa telah memberi andil bagi kemerdekaan Republilk Indonesia? Tentu saja iya, mau bukti saja, kisah kepahlawanan Tionghoa misalnya tergambar saat peristiwa Rengasdeklok di Karawang.

Di saat itu, dipilihnya rumah dan lingkungan masyarakat suku Tionghoa sebagai tempat persembunyian Soekarno pada tanggal 16 Agustus 1945 menandakan besarnya kepercayaan Pejuang Kemerdekaan Republik ini kepada mereka.

Belum lagi dengan tercatat suku Tionghoa dalam berperan di waktu sumpah pemuda. Nah untuk yang terakhir ini peran suku Tionghoa memang sangat antutias dalam berpartisipasi mendukung gerakan sumpah pemuda. Mereka diantaranya, Ong kay siang, John Liaw, Tjoan Hok, Tjoan Hok, Tjo Jin Kwie dan Kwee Thiam Hiong .

Dilihat dari peran suku Tionghoa, semua kekurangan dan kelebihanya, suku Tionghoa adalah bagian yang tak terpisahkan dari Bangsa Indonesia, mereka ibarat sebutir mutiara yang indah menjadi bagian dari untaian kalung kebhinekaan Nusantara. Bukan begitu. (Andama,Syk)

 

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>