Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » KM.Sri Siantan Mulai Dioperasikan Di Anambas

KM.Sri Siantan Mulai Dioperasikan Di Anambas

KM. Seri Siantan
Kapal Motor (KM). Seri Siantan 

Anambas,Sidaknews.com – Akhirnya Kapal Motor (KM) Sri Siantan kembali terlihat beroperasi setelah marak diperbincangkan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Provinsi Kepulauan Riau,namun sempat tidak beroperasi sejak diresmikan bulan Februari lalu di Terempa.

KM. Sri Siantan merupakan hasil bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) ini di fungsikan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat Anambas.

Sejak di resmikan bulan Februari lalu, KM. Sri Siantan belum pernah dioperasikan untuk kepentingan masyarakat. Bahkan kapal sepanjang 30 meter dan lebar 6 meter, selama ini hanya bertengger manis di Pelabuhan Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timur.

Saat dijumpai media ini Jupai salah seorang sumber di kediamannya di desa Siantan timur mengatakan, mengatakan bahwa kapal tersebut memang kondisinya kurang baik, sebab, sewaktu uji coba pada Bulan Februari lalu, saya sendiri turun tangan untuk memperbakinya, ujar indera disaat dipelabuhan antang.(13/5)

Yang jelas gerboknya ada terabel bila disaat kita mengoprasikan KM Seri Siantan tidak bisa dioprasikan secara normal sebab filter gerboknya kecil.”Ada dugaan gerbok tersebut dbeli kondisinya bekas dan juga gensetnya sempat diperbaiki”.Ungkapnya.

Berbada dengan tanggapan Kepala Dinas Perhubungan KKA, Maskur saat di hubungi awak media melalui telepon selulernya, mengatakan, sampai saat ini Pemkab Anambas masih mengurus surat-surat resmi pelengkap pengoperasian kapal tersebut.

“Untuk mengoperasikan kapal penumpang tersebut kita harus memiliki surat-surat resmi dan ijin pengoperasiannya. Jadi tidak semudah itu. Dan sekarang surat tersebut sudah selesai, jadi KM. Sri Siantan bisa melayani transportasi masyarakat antar pulau,” tutur maskur dengan nada singkat, Jumat (16/5) di Tarempa.

Lebih lanjut Masykur mengatakan, sarana transportasi tambahan ini, merupakan salah satu bukti upaya pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi yang memadai untuk angkutan antara pulau di kabupaten maritim ini. Dengan adanya transportasi ini diharapkan beberapa daerah yang masih kesulitan transportasi bisa merasakan dampak positif.

“KM Sri Siantan ini juga kita harapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Anambas. Dengan semakin lancarnya transportasi antar pulau, diharapkan pemerataan pembangunan di Anambas juga akan semakin dirasakan oleh masyakat,” harapnya.

Kapal berkapasitas 200 orang penumpang melayani transportasi di Kabupaten Anambas dengan dua rute, yakni Terempa-Air Bini-Lingai-Mengkait-Kiabu (PP) dan rute kedua melayani Tarempa-Lingai-Telagak-Kuala Maras (PP) ini memang sempat tersendat pengoperasiannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Muhktaruddin saat peresmian KM. Sri Siantan bulan Februari lalu mengatakan, pengolahan kapal motor ini akan diserahkan kepada Perusda Anambas Sejahtera. dalam penyampayan sat kata sambutan nya T. Muhktaruddin akan diadakan ujicoba selama Enam bulan jika selama waktu tersebut maka pihak Perusda tidak bisa mengoperasikan.(Rohadi)

Check Also

Gubernur Aceh Minta Dinas Terkait Pastikan Harga Daging Meugang Dibawah 130 Ribu Per Kilogram

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging …

One comment

  1. 1. Capres yang mendekati dengan kriteria fiqih Islam “Memilih Pemimpin” adalah Prabowo Subianto.
    2. Pemimpin Nahdlatul Ulama mendukung capres yg tegas dan jelas yaitu Prabowo Subianto.
    3. Bertanya dengan ustad2, mereka menjawab agar memilih pemimpin yang tegas yaitu Prabowo Subianto.
    4. Memilih capres dgn hati nurani atau emosional maka akan terpillih org yg tidak tepat seperti selama ini terjadi.
    5. Tapi pilihlah capres dgn rasional/akal sehat/logis yaitu Prabowo Subianto.
    6. Jangan pilih Jokowi karena terbukti licik, dan ahlaknya rendah masak mobil ESEMKA buatan China diakui sebagai buatan putra bangsa (sungguh memalukan).
    7. Jangan pilih Jokowi karena haus kekuasaan, belum 2 tahun jadi DKI1 sdh mau jadi RI1, liciknya lagi tidak mau mengundurkan diri dari DKI1 maksudnya kalau tidak terpilih jadi RI1 akan tetap menjadi DKI1 … licik sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *