Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Koleksi Buku-Buku Diperpustakaan Daerah Minim

Koleksi Buku-Buku Diperpustakaan Daerah Minim

purwakarta perpustakaanPurwakarta, sidaknews.com-  Jumlah buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Purwakarta saat ini mengalami kekurangan stock buku untuk dibaca pustakawan.

Hal itu diungkapkan Kasi Pelayanan Perpusda Purwakarta Rita Utami saat menghadiri diskusi bersama Forum Komunikasi Jurnalist Purwakarta (Fokus JP) Jumat (2/8) lalu.

“Karena idealnya sendiri jumlah buku dikalikan jumlah penduduk artinya bila satu orang satu buku maka jelas sangat tidak ideal,” ujar Rita.
Meski begitu, Rita mengungkapkan minat baca warga Purwakarta memang cukup tinggi, terutama dikalangan pelajar. Sedangkan untuk kalangan masyarakat umum hal itu masih sangat kurang.
Dan hal itu lah pengurus Perpusda berinisiatif mencari langkah positif untuk menarik minat baca masyarakat agar lebih tinggi.
Rita menambahkan, Perpusda beberapa kali telah menerima bantuan dari pusat dan provinsi. Baik dalam bentuk komputer, maupun kebutuhan buku. “Namun untuk komputer, saat ini hanya digunakan untuk menyimpan data base dan koneksi dengan perpustakaan pusat saja,” jelasnya.
Dengan gedung perpustakaan seperti saat ini sebenarnya  sudah baik dibandingkan daerah lain. Sehingga hal itu sedikit menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke perpustakaan daerah.
“Perpusda terus melakukan sosialisasi seminggu dua kali dengan sasaran sekolah dan masyarakat, pernah juga kita sosilisai melalui media seperti  Radio dan TV untuk mengajak masyarakat minat membaca,” paparnya.
Ia menambahkan, idealnya SDM yang ada di Perpusda untuk pelayanan dan  pustakawan minimal 10 orang, sehingga untuk pelayanan dan penguasaan buku dapat menjadi maksimal.
“Apalagi rencananya Perpusda akan pindah ke Pasar Jumaah namun itu belum terealisasi karena masih banyak hal yang harus ditempuh,” tandasnya. (banyu)

Check Also

Alamak…!, Menantu dan Mertua Ditangkap, Akibat Ketahuan Mencopet di Pasar Kodok Sidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Akibat terhimpit masalah ekonomi itulah salah satu alasan Landa sari,(48 ), warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *