Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » Komnas Ham Perwakilan Kalimantan Barat terima Pengaduan

Komnas Ham Perwakilan Kalimantan Barat terima Pengaduan

foto jalan kota tarempaTerkait soal Upah selama dua bulan belum dibayarkan oleh PT. Jaya Sakti Permai Saat melaksanakan Pekerjaan peningkatan Jalan tarempa – Rintis Kabupaten Anambas Tahun 2012

Anambas, Sidaknews.com- Pihak Komnas HAM perwakilan Kalimantan Barat telah menerima laporan soal “Pengaduan sejumlah mantan pekerja yang dipekerjakan pada proyek peningkatan jalan Tarempa- Rintis tahun anggaran 2012.

Surat tersebut diterina pada tanggal 08 juli 2013, dimana surat tersebut diadukan oleh saudara Herlan dan kawan-kawan dengan jumlah pekerja sebanyak 26 orang, yang intinya, pengaduan menyampaikan bahwa bulan setember 2012 mereka berangkat ke Tarempa dengan tujuan bekerja pada proyek peningkatan jalan tarempa- rintis sepanjang 2 kilo meter.

Menurut Herlan, Sementara pihak rekanan berjanji akan membayarkan dalam tempo 2 bulan, namun, janji dari pihak rekanan ternyata bohong, akhirnya para pekerja terpaksa pulang ke Mempawah Kalimantan  barat dengan tangan kosong.

Berdasarkan impormasi, bahwa mereka(red) pekerja tidak ada kontrak kerja dan jaminan social tenaga kerja, atas kejadian tersebut, para pengadu menuntut sisa upah sebesar 167 juta rupiah yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan agar segera dibayarkan, klo tidak kami akan membuat laporan kepada pihak kepolisian.

Menindaklanjuti hal tersebut, mengigat pasal 36 UU no Tahun 39 tahun 99 tentang Hak Asasi Manusia pasal 38 ayat 2 (dua) “setiap orang berhak dengan bebas memilih pekerjaan yang disukainnya dan ber hak pula atas syarat-syarat ketenagakerjaan yang adil ayat 3 (tiga) “setiap orang baik pria maupun wanita dalam melakukan pekerjaan yang sepadan dengan martabat kemanusiaannya berhak atas upah yang adil sesuai dengan prestasinya dan dapat menjamin kelangsungan kehidupan keluarganya,

Menurut Ketua perwakilan Komnas Ham Kalimantan barat Kasful Anwar.SH.Msi saat dikomfirmasi oleh sidak Indonesia mengatakan, bahwa, Maka Komnas Ham berwenang melakukan pemeriksaan terhadap peristiwa yang timbul pada masyarakat yang berdasarkan sifat atau lingkupnya patut diduga terhadap pelanggaran Hak asasi manusia,

Ada pun surat yang kami layangkan kepada pihak kontraktor dengan nomor: 234/PD/353/VII/2013, sifat: terbatas, perihal: Klarifikasi dan impormasi.

Berdasarkan hal tersebut diatas Komnas Ham meminta klarifikasi dan penjelasan permasalahan tersebut dari saudara sebagai pengguna jasa tenaga kerja, serta langkah-langkah yang diambil guna menyelesaikan permasalahan tersebut, Klarifikasi dan penjelasan kami tunggu selama 10 hari sejak surat ini diterima.(Tim Redaksi)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ka Kwarcab Pramuka Sergai Drs. Jhoni Walker Manik, MM tengah menyematkan tanda peserta pada pembukaan LT III Kwarcab Sergai Tahun 2017 yang berlokasi di Objek Wisata Pantai Cemara Kembar Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Sabtu, (25/3).

Pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Pramuka Sergai Tahun 2017

-Pramuka Harus Miliki Prinsip Dasar Kemampuan dan Kepemimpinan Sergai, sidaknews.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>