Home » Daerah » Aceh » Kontingen Aceh Lihat Produksi Garam Di Kabupaten Bantaeng, Makassar

Kontingen Aceh Lihat Produksi Garam Di Kabupaten Bantaeng, Makassar

Laporan Dari Makasar.

Drs. HHasanuddin Darjo, MM salah seorang Kontingen Aceh yang sedang mengkitu peringatan Pangan Nasinal, bersama rombongan melihat Produksi Garam Di Kabupaten Bantaeng, Makasar ( Foto, AHDAR )
Drs. H.Hasanuddin Darjo, MM salah seorang Kontingen Aceh yang sedang mengkitu peringatan Pangan Nasinal, bersama rombongan melihat Produksi Garam Di             Kabupaten Bantaeng, Makassar ( Foto, AHDAR )

MAKASSAR,Sidaknews.com – Melintasi jalan lintas provinsi menuju Kabupaten Bentaeng, rombongan kontingen Aceh yang sedang di Makassar dalam rangka ikut serta menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia, menepi secara tiba-tiba, takjub melihat tumpukan kristal berwarna putih berjejer di pematang di sebuah desa.

Ungkap Ahdar kepala UPTD BDP Saree, Aceh yang turut serta dalam rombongan tersebut, Jumat ( 07/11/2014 ), rupanya mereka sedang berada di salah satu daerah penghasil garam di provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Jeneponto memiliki potensi lahan produksi garam seluas 200 hektare, produksi garam dari daerah ini dikirim hingga ke Papua.

Menurut salah seorang petani garam yang di temui Ahdar, untuk luas 1 Ha lahan mereka mendapatkan hasil sebanyak 3 ton garam.

Panasnya cuaca hari itu tidak memhuat kontingen Aceh penat, karena senangnya melihat keindahan tumpukan garam yang rapi, kincir – kincir angin sederhana yang terbuat dari kayu, untuk mengairi air laut ke petak produksi, ada parit jalur air dari laut yang mana dari situlah kincir angin memompa air laut ke petakan sehingga menhasilkan garam.

Pemerhati Pangan Aceh , Hasanuddin Darjo yang ikut bersama rombongan mengamati bahwa potensi garam di Kabupaten Jeneponto belum maksimal dimanfaatkan oleh pemerintah daerah. Perlu kebijakan yang memihak kepada petani garam selaku pelaku utama, seperti di sampåaikan Ahdar pada penulis..

Sambil menapaki pematang sempit untuk menuju mobil, masing-masing mencicipi, salah seorang anggota rombongan sempat berseloroh ” garam di sini lebih enak dari garam Aceh ya?”.(Tarmizi A)

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>