Home » Berita Foto » Kopja 8 Tidak “Memahami Peraturan”

Kopja 8 Tidak “Memahami Peraturan”

Ilustrasi. Penerangan Lapu Jalan
Ilustrasi. Penerangan Lampu Jalan

Tanjungpinang, Sidak News.com- Pelaksanaan proses Pelelangan Umum dengan Pasca Kualifikasi berdasarkan DOKUMEN PENGADAAN Nomor: 001/PJUD-LU-PE/POKJA-8/V/2013 Tanggal: 23 Mei 2013 tentang:   Pengadaan dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Di Pulau Dompak, Pada Proses Lelang Ulang kedua terdapat beberapa hal yang tidak lazim.

Hal ini diungkapkan Oleh Eko Prasetia Sekretaris Umum LSM ICTI-NGO Kepulauan Riau di Ruang kerjanya kepada Sidak News.com, dia mengatakan, ada beberapa hal perlu dipahami diantaranya adalah,

Pertama: Persyaratan yang ditetapkan di dalam dokumen lelang soal SKA tenaga ahli Iluminasi yang keberadaanya dibawah asosiasi Himpunan Tenaga Ahli Iluminasi (HTII) Adapun tenaga ahli teknik iluminasi diperlukan sebagai penanggungjawab dalam proses pemasangan dan pengaturan sistem pencahayaan lampu di malam hari.

Tapi sebelumnya kita harus memahami terlebih dahulu,  HTII – Himpunan Teknik Iluminasi Indonesia merupakan satu satunya wadah di bidang pencahayaan di Indonesia. HTII menjembatani ilmu pengetahuan dasar  dengan aplikasi produk pencahayaan.  Kami menguasai ilmu pengetahuan dan pengenalan  produk pencahayaan yang luas untuk diteruskan sebagai  desain pencahayaan kepada anggota maupun masyarakat luas.

Selain menyediakan informasi tentang iluminasi dan produk pencahayaan lokal maupun International, Himpunan Teknik Iluminasi Indonesia juga menawarkan akses penemuan  pencahayaan terbaru. Kami mengembangkan standar standar untuk produk lokal di bidang iluminasi maupun  penyesuaian dengan standar international.

Dengan demikian acuan ini dapat dipergunakan sebagai dasar dalam penyusunan spesifikasi oleh para pengguna, pabrikkan armature dan lampu maupun pemasok (Supplier).

Persyaratan tenaga teknis yang harus mensyaratkan adanya SKA ahli iluminasi yang merupakan pekerjaan design interior, karena pekerjaan PJUTS merupakan pekerjaaan yang ada dibawah sub bidang 24003 dan 24007, dan paket yang dilelangkan dalam hal ini adalah Pengadaan Pekerjaan Konstruksi, akan sangat ideal jika tenaga ahli iluminasi dipergunakan pada paket desain/perencanaan pekerjaan tersebut diatas sesuai dengan prinsip HTII (sebagai dasar dalam penyusunan spesifikasi oleh para pengguna )  bukan pada Pengadaan Pekerjaan Konstruksi/pelaksanaan dan mensyaratkan tenaga ahli iluminasi sebagai penanggung jawab pekerjaan pada perusahaan pelaksana.

kesan ini menurut kami Adanya persyaratan yang diskriminatif dlm pelelangan ini hanya untuk kepentingan tertentu, karena SKA yang dimaksud hanya untuk perencanaan dlm ruangan/ interior tentang pencahayaan.

Kedua;Salah satu syarat Kualifikasi yang ditetapkan oleh POKJA-8 ULP Provinsi Kepulauan Riau adalah memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) sub bidang 24003 dan 24007 yang dikaluarkan oleh ASOSIASI KONTRAKTOR ISTRIK INDONESIA (AKLI).

Sesuai dengan keputusan POKJA-8 ULP Provinsi Kepri dari proses pelelangan ini menunjuk PT. ANALUM JIOR sebagai pemenang dengan nilai tawaran sebesar Rp.4.152.445.000,-Sepengetahuan kami diduga perusahaan yang ditunjuk sebagai pemenang didalam pelelangan ini pemenang tidak memiliki salah satu syarat kualifikasi yang ditetapkan yaitu SBU sub bidang 24003.

dari hal tersebut, patut diduga ada permainan yang tidak transparan antara pihak perusahaan yang dimenangkan dengan dinas Pertambangan Provinsi kepulauan riau, dan kita akan pantau sejauh mana perkembangan masalah ini, juga, kita akan pantau sejauh mana pelaksanaan pekerjaan hingga ke Administrasi nantinya.ungkap Eko. (Redaksi)

 

 

Check Also

Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno,MM tengah menerima hasil penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut Abyadi Siregar di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (24/1). 

Tingkatkan Pelayanan Publik, Sergai Targetkan Zona Hijau Tahun 2017

Sergai, sidaknews.com – Dewasa ini pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat dan …

One comment

  1. Klo mau jadi kopja, harus mengerti dengan aturan, jangan seenaknya mau memenangkan suatu rekanan untuk kepentingan pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>