Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » KPK akan beberkan aksi Juniver Girsang pengaruhi saksi

KPK akan beberkan aksi Juniver Girsang pengaruhi saksi

Pengacara Djoko Susilo. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
Pengacara Djoko Susilo. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Jakarta, sidaknews.com- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, akan menunjukkan bukti-bukti adanya tindakan mempengaruhi saksi oleh salah satu pengacara Djoko Susilo, Juniver Girsang, dalam perkara kasus dugaan korupsi pengadaan simulator kemudi uji klinik SIM roda dua dan empat di Korlantas Polri pada 2011. Menurut dia, bukti itu bakal dibuka jika diminta oleh lembaga advokat seperti Peradi.

“Sepanjang itu untuk menegakkan hukum, etika profesi, dan martabat, KPK seharusnya tidak punya pilihan lain,” kata Bambang usai bersilaturahim dengan wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (12/8).

Menurut Bambang, beberapa bukti aksi Juniver yang bertemu dengan saksi sebelum persidangan digelar siap diungkap dalam proses pengadilan. Tetapi, dia berdalih belum memperkarakan hal itu dan fokus memeriksa terdakwa.

“Kalau mengikuti proses di pengadilan, kan diberitahukan siapa yang melakukan, bagaimana caranya, di mana melakukannya. Kami memang lagi fokus pemeriksaan terdakwa,” ujar Bambang.

Meski begitu, lanjut Bambang, jika bukti-bukti itu diperlukan, lembaga antirasuah itu siap menunjukkannya. “Yang didiskusikan pimpinan bukan tidak mungkin kita berikan data-data,” lanjut Bambang.

Dalam persidangan terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan simulator SIM, Djoko Susilo, beberapa waktu lalu, terungkap salah satu pengacara Djoko, Juniver Girsang, mencoba mempengaruhi saksi dalam perkara itu. Fakta itu diungkap oleh tujuh penyidik KPK dalam satuan tugas kasus simulator, dihadirkan jaksa sebagai saksi verbal lisan.

Ketujuh saksi verbal lisan itu dihadirkan oleh jaksa penuntut umum dalam persidangan karena diminta oleh majelis hakim. Hal itu lantaran beberapa saksi fakta berdalih mengaku merasa tertekan saat pemeriksaan di KPK, lantas seketika itu juga mencabut Berita Acara Pemeriksaan di depan persidangan.

Dalam persidangan itu, Ketua Tim Satuan Tugas Penyidikan Simulator, Novel, mengungkapkan adanya pertemuan antara Juniver dan saksi Benita Pratiwi dan Wasis Tripambudi di Hotel Menara Peninsula di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Bahkan, dalam persidangan, Novel mengaku tim penyidik memiliki bukti rekaman kamera pengawas soal pertemuan itu.

Namun, usai persidangan, Juniver membantah tudingan itu. Dia berkelit pertemuan itu tidak bermaksud mempengaruhi keterangan saksi fakta dalam persidangan.Sumber.Merdeka.com

Check Also

Basrah Serahkan Bukti Baru, BPH Penuhi Panggilan Polres Kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Polres Kota Padangsidimpuan kembali menerima tambahan bukti-bukti yang menguatkan pemilik Nomor HP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *