Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » KPK didesak telisik aliran dana ke Kementerian ESDM

KPK didesak telisik aliran dana ke Kementerian ESDM

gedung KPK. ©2012 Merdeka.com/arie basukiJakarta,sidaknews.com – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kemarin menemukan aliran dana dari sejumlah perusahaan asing ke sejumlah pejabat di Kementerian ESDM. Temuan ini masih terkait dengan perkara operasi tangkap tangan KPK atas Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini serta penggeledahan di ruangan Sekjend ESDM Karyono Wiyono.

Oleh sebab itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak mengusut laporan tersebut. Sebab, pekan lalu, Kepala PPATK Muhammad Yusuf mengaku sudah menemukan adanya aliran dana yang masuk ke beberapa pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terkait perkara tersebut.

“KPK mesti cepat mengungkap aliran dana tersebut, dan menyasar para pimpinan korporasi asing yang terlibat,” kata Erwin Usman, Direktur Indonesia Mining and Energy Studies (IMES) dalam siaran persnya, Sabtu (14/9).

Erwin menjelaskan, temuan itu membantu KPK dalam menelusuri praktik-praktik transaksi kotor di bawah meja yang selama ini melibatkan mafia Migas, kartel ESDM serta birokrasi yang serakah. Sumber dananya, kata dia, dari perusahaan asing, jenis uangnya juga pecahan asing.

Apalagi, dia melanjutkan, Ketua PPATK juga menyebutkan temuan itu diserahkan pada KPK untuk diselidiki. “Oleh sebab itu, KPK harus segera memeriksa Menteri ESDM Jero Wacik dalam perkara ini dalam kapasitas sebagai menteri sekaligus Ketua Komisi Pengawas SKK Migas,” terangnya.sumber.merdeka.com

Check Also

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng saat membuka secara resmi Orientasi Kepalangmerahan dan Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Bireuen. FOTO/TARMIZI A. GANI.

Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Bireuen Dibuka Teuku Alaidinsyah

Bireuen, sidaknews.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>