Home » Berita Foto » KPK Kantongi Nama-Nama Pengusaha Penyuap Anas Maamun

KPK Kantongi Nama-Nama Pengusaha Penyuap Anas Maamun

Gubernur Riau Anas Maamun.
Gubernur Riau Anas Maamun.

Jakarta,Sidaknews.com – Komisi Pemberantasan Korusi (KPK) Melalui juru Bicaranya Johan Budi, mengatakan, saat ini seudah mengantongi nama-nama Pengusaha lainnya yang ikut terlibat dalam kasus penyuapan kepada Gubernur Provinsi Riau, Anas Maamun.(30/9).

Johon Budi dalam keterangan persnya hari ini, bahwa dari hasil penyidikan yang dilakukan terhadap tersangka Gulat Manurung pengusaha yang tertangkap tangan bersama dengan Anas Maamun di Cibubur Jakarta Timur pada (26/9) lalu, terindikasi adanya pengusaha-pengusahan lain yang terlibat.

“Uang temuan yang disita oleh pihak KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) didugauang dari pihak lain, selain tersangka Gulat Manurung” Ujar Johon Budi.

Kendati enggan memberikan keterangan secara rinci nama-nama pihak lain yang dimaksud, namun pihak KPK sudah mengantongi nama-nama pengusaha hitam lainya yang melakukan aktifitas ekonomi di wilayah Provinsi Riau.

Penangkapan Anas Maamun dalam operasi tangkap tangan KPK beberapa hari lalu tersebut, ikut juga diamankan sembilan orang, yang kemudian dari Sembilan tersebut hanya Anas Maamun dan Gulat Manurun yang ditetapkan jadi tersangka, sementara tujuh orang lainya setelah diperiksa dibebaskan oleh pihak KPK.

Sedangkan Gulat Menurung sebagai pemberi suap, dari tangannya KPK behasil menyita uang setara 2 Milyar dalam bentuk mata uang Dollar Singapurar, dan Rp 500 juta dalam bentuk mata uang Rupiah, pihak KPK sempat menyatakan uang tersebut merupakan uang panjar dari pemberian izin pembebahsan lahan di Riau.

Oleh sebab itu, Johon Budi menambahkan bahwa dari keterangan diperoleh ada dugaan keterlibatan pengusaha lainya, sedangkan Gulat Manurung bertindak sebagai pemberi suap, hanyalah perantara antara pengusaha lain dengan Anas Maamun “ Kemungkinan, uang itu berasal dari pihak-pihak lain” pungkas Johon Budi. (Haris Maloko)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>