Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » KPK Larang Pakai Anggaran Daerah Untuk Promosi Politik

KPK Larang Pakai Anggaran Daerah Untuk Promosi Politik

KPK2Pinrang,Sidaknews.com – Untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan anggaran daerah jelang Pemilu legislatif dan presiden, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyurati para kepala daerah se Indonesia. Termasuk di antaranya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang.

Dalam surat tersebut mengimbau kepada para kepala daerah untuk tidak menggunakan anggaran program sosialisasi atau publikasi, iklan dan promosi serta kampanye untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pinrang Syarifuddin Side, melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Pinrang, Mursen, di ruang kerjanya, kemarin, mengungkapkan, surat KPK yang dimaksud yang telah diterima Pemkab Pinrang bernomor B-106/01-15/01/2014 tertanggal 17 Januari yang ditujukan lembaga tinggi negara termasuk jajaran pemerintah propinsi, kabupaten dan kota. Termasuk Pemkab Pinrang.

Dijelaskan Mursen, tujuan surat KPK tersebut untuk pencegahan tindak pidana korupsi dan membangun tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) terutama menjelang Pemilu legislatif dan presiden. Surat KPK tersebut lanjutnya telah diteruskan kepada seluruh jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Pinrang.

Isi surat tersebut mencakup untuk tidak menggunakan anggaran negara atau daerah dan fasilitasnya pada kegiatan sosialisasi atau publikasi, iklan atau promosi dan kampanye untuk kepentingan pribadi atau kelompok yang bertentangan dengan norma, standar etika dan perundang-undangan yang berlaku, terkait asas umum pemerintahan yang baik, prinsip-prinsip dasar dalam penanganan benturan kepentingan dan larangan menggunakan fasilitas negara atau daerah dalam berkampanye.

“Tujuannya dalam surat KPK ini, bagaimana mendorong pemerintah daerah khususnya untuk lebih kreatif dan tepat guna dalam melakukan sosialisasi dan semacamnya dan mengevaluasi program atau kegiatan untuk lebih mengutamakan program kegiatan yang berpihak kepada rakyat,” jelasnya. (BKM)

 

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>