Selasa , 30 Mei 2017
Home » Berita Foto » KPK Tetapkan Gubernur Riau Anas Maamun Jadi Tersangka

KPK Tetapkan Gubernur Riau Anas Maamun Jadi Tersangka

Ketua KPK Abraham Samad.
Ketua KPK Abraham Samad.

Jakarta,Sidaknews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sore ini (26/9/14) resmi menetapkan status Gubernur Riau Anas Maamun menjadi tersangka, yang sebelumnya berstatus sebagai terperiksa, dengan tuduhan dugaan. Keterlibatan suap alih fungsi lahan kelapa sawit, oleh Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK Jl. Rasuna Said Jakarta.Kamis(26/9)

Dalam ekpose Satgas KPK yang dipimpin langsung oleh Abraham Samad menyebutkan bahwa kasus yang ditanganinya tersebut telah ditingkatkan ke penyidikan, yang sebelumnya Gubernur Riau Anas Maamun sebagai terperiksa kini ditingkatkan menjadi tersangka.

Dalam proses penyidikan tersebut KPK menetapkan dua tersangka, “Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap saudara AM selaku Gubernur Riau sebagai penerima,” kata Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Sambungnya “AM dijerat dengan sangkaan Pasal 12 a atau Pasal 12 b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman hukumannya penjara di atas lima tahun” ungkapnya.

Kemudian bersama Annas, KPK juga menetapkan Gulat Manurung sebagai tersangka dari pihak swasta. Galut dituding pemberi suap. “Saudara GM dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Tipikor,” terang Abraham.

Tambah Abraham, KPK menyita uang setara Rp2 miliar dalam bentuk dolar Singapura. Dan uang dalam bentuk Rupiah sejumlah Rp500 juta. “Pemberian Uang tersebut berkaitan dengan proses alih fungsi hutan. Yang bersangkutan punya kebun kelapa sawit seluas 140 hektare. Ini untuk peralihan yang berada di kategori Hutan Tanaman Industri ke area peruntukan lainnya,” tegas Abraham. (Haris Maloko)

Check Also

Danrem 011 Buka Latihan Posko Kodim 0104/Atim

Langsa, sidaknews.com – Komandan Korem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono,S.i.P, M.Si Pimpim Pembukaan Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *