Home » Berita Foto » KPPBC TMP B Karimun Tangkap Penyeludup

KPPBC TMP B Karimun Tangkap Penyeludup

KARIMUN-Kepala-seksi-penindakan-KPP-Bea-dan-Cukai-Tipe-Madya-Pabean-B-Tanjung-Balai-Karimun-mengekpos-tegahan-rokokminuman-beralkohol-sepanjang-tahun-2014.2Karimun,Sidaknews.com – Belum lama ini pihak Jajaran patroli Bea dan Cukai dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBCTMP) Karimun berhasil melakukan pencegahan puluhan karton besar minuman beralkohol dan ribuan slof rokok.

Dalam keterangan siaran persnya, pihak KPPBCTMP Karimun sedang patroli dengan kapal Patroli BC 15034/Spider. Mereka menemukan speedboat pancung tanpa nama, bermesin 40 PK yang melintas di perairan Pulau Pandan dengan muatan yang terlihat seperti jeriken.

Karena muatan speedboat terlihat mencurigakan, tim patroli memerintahkan speedboat untuk berhenti. Selanjutnya kru patroli langsung melakukan pemeriksaan terhadap dokumen muatan yang diangkut.

Tekong speedboat, “H” tidak dapat menunjukkan dokumen muatan speedboat yang berisikan 30 karton minuman beralkohol golongan A bermerk Carlsberg buatan dalam negeri untuk kawasan bebas dari Tanjunguma Batam tujuan Tanjungbalai Karimun. Selain minuman, di speedboat ditemukan juga 120.000 slof rokok kawasan bebas.

Perbuatan H tersebut patut diduga melanggar pasal 54 jo pasal 56 Undang-Undang No.39 Tahun 2007 tentang Cukai. H dan barang bukti rokok serta minuman diamankan untuk kepentingan penyidikan.

Sebagaimana diterangkan Kasi Penindakan, KPPBC TMP B, Tanjung Balai Karimun, Andik sepanjang tahun 2013 mereka juga telah berhasil melakukan penegahan terhadap minuman beralkohol merek Chivas Regal, Controu, Carlo Rossi dan minuman alkohol lainnya.

Di saat mereka serius memberantas masuknya minuman alkohol dan rokok kawasan bebas ke Karimun, buah impor seperti apel, pear dan anggur yang diduga kuat dari luar negeri justru bebas dijual di Karimun.

Sepertinya pihak Bea dan Cukai mengabaikan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 60/2012 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura, yang di dalamnya seperti Apel Red Delicious, Pear, Anggur.

Ketika hal ini ditanyakan, Kasi Penindakan Andik hanya menunduk tanpa memberikan penjelasan sepatah kata pun. Kepala Kantor KPPBC TMP B Karimun, Abien terlihat tidak hadir saat konprensi pers itu.

Seksi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi yang memberikan keterangan terkesan buang badan dan mengalihkan pertanyaan tentang pencegahan yang dilakukan pihak Kanwilsus DJBC Kepulauan Riau. Ia tidak menjelaskan tentang buah impor yang diduga beredar bebas di Karimun. Malah ia menyarankan agar belanja buah yang legal di salah satu supermarket di Karimun.(*/HK)

 

Check Also

Pusat Kuliner (Food Court) di Melayu Square.

Lsm Lidik Kepri Pertanyakan Pembangunan Pusat Kuliner Dimelayu Square

Tanjungpinang, sidaknews. com – Sekretaris LSM Lidik Kepri, Indra Jaya angkat bicara terkait Pemerintah Kota Tanjungpinang membangun …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>