Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » KPU Luwu Timur Bahas Rencana Pelaksanaan Pilkada Sisitim e-Voting

KPU Luwu Timur Bahas Rencana Pelaksanaan Pilkada Sisitim e-Voting

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sidaknews.com.Luwu Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur saat ini tengah membahas rencana pelaksanaan Pilkada daerah itu digelar dengan menggunakan sistem e-voting atau pemungutan suara elektronik.

Ketua KPU Luwu Timur, Muhammad Nur mengatakan sesuai hitung-hitungan di atas kertas, penggunaan sistem e-voting akan menghemat anggaran lebih dari 50 persen dibanding pemilihan dengan cara manual.

“Sesuai hitungan kami, pemungutan anggaran dengan cara manual, akan menghabiskan anggaran hingga Rp13 juta per Tempat Pemungutan Suara (TPS), sedangkan dengan sistem e-voting hanya membutuhkan anggaran sebesar Rp6 juta per-TPS,” ujar Nur.

Hanya saja, pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan KPU Provinsi Sulawesi Selatan dan KPU Pusat. “Ini (e-voting) masih kami konsultasikan, jika nantinya disetujui oleh KPU Pusat dan Provinsi, maka kami siap melaksanakan sistem e-voting di Luwu Timur,” ujarnya.

Meski begitu, dia mengakui sejumlah kendala yang mungkin akan terjadi jika Pilkada tahun 2015 dilaksanakan dengan sistem e-voting seperti sosialisasi yang harus dilakukan dengan gencar mengingat sistem ini belum pernah dilakukan sekalipun di Sulawesi Selatan, hingga pada penyediaan infrastruktur teknis pelaksanaan e-voting.

Untuk diketahui, DPRD Kabupaten Luwu Timur telah mengetuk palu anggaran pelaksanaan Pilkada Luwu Timur dalam APBD 2015 dengan total anggaran sebesar Rp18,7 miliar.(Amd)

 

 

Check Also

Bupati Soekirman: Dengan Xpansi Kita Tunjukkan Kepedulian Pada Dunia Pendidikan dan Kelestarian Alam

*Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Xpansi, Sergai, sidaknews.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *