Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » Kuasa hukum Budi Gunawan pertanyakan validitas surat kuasa tim KPK

Kuasa hukum Budi Gunawan pertanyakan validitas surat kuasa tim KPK

Sidang praperadilan Budi Gunawan.
Sidang praperadilan Budi Gunawan.

Jakarta – Kuasa Hukum Komjen Budi Gunawan dan kubu KPK terlibat adu debat di sidang praperadilan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kedua kubu sama-sama meminta untuk memperlihatkan bukti dan validitas suara kuasa masing-masing.

Setelah sama-sama menunjukkan, pihak Budi Gunawan melemparkan pertanyaan terkait keabsahan surat kuasa tim KPK yang isinya masih ditandatangani oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

“Surat kuasa tersebut masih ditandatangani Bambang Widjojanto. Seingat kami Pak Bambang sudah menyatakan pengunduran diri,” kata salah satu kuasa hukum Budi Gunawan, Maqdir Ismail di ruang sidang utama Prof H Oemar Seno, Pengadilan Negeri Jaksel, Senin (9/2).

Menjawabnya pertanyaan itu, Katrina M Girsang sebagai salah satu kuasa hukum KPK, menyatakan keabsahan tanda tangan tersebut dengan menjelaskan bahwa sampai hari ini Bambang Widjojanto masih berstatus sebagai pimpinan KPK. Pasalnya belum ada keputusan presiden tentang pemberhentian Bambang Widjojanto.

“Pemberhentian itu harus ada pengesahan dari Presiden RI. Tapi kita ketahui bahwa sampai saat ini belum ada Keppres mengenai hal tersebut,” jelas Katrina.

Ketua Majelis Hakim Sarpin Rizaldi lantas memutuskan, Bambang Widjojanto masih berhak memberikan kuasa. Hakim Sarpin membenarkan penjelasan KPK di mana belum ada keputusan dari Presiden terkait pemberhentian Bambang.

“Bahwa sampai saat ini belum ada keputusan presiden terkait pemberhentian yang bersangkutan, saya pertimbangkan bahwa Bambang Widjojanto masih sah sebagai komisioner dan berhak untuk memberikan kuasa,” ujar Hakim Sarpin.

Setelah tidak ada perdebatan lagi, Hakim Sarpin menanyakan kepada pihak KPK apakah ada keberatan terhadap surat kuasa kubu Budi Gunawan. KPK mengatakan tidak ada keberatan.

“Tidak keberatan yang mulia,” kata Katrina.

(sumber:Merdeka.com)

Check Also

Gubernur Aceh Minta Dinas Terkait Pastikan Harga Daging Meugang Dibawah 130 Ribu Per Kilogram

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *