Kamis , 23 Maret 2017
Home » Berita Foto » Kunker Gubernur Kepri ke Pulau Anambas

Kunker Gubernur Kepri ke Pulau Anambas

Kapal Tabrak Karang (foto Ilustrasi)
Kapal Tabrak Karang (foto Ilustrasi)

ANAMBAS,Sidak News.com : Kapal MV Seven Star Island yang disewa Pemprov Kepri untuk membawa rombongan Kunjungan Kerja (Kunker), Gubernur Kepulauan Riau, HM. Sani, bersama sejumlah Pejabat Daerah, serta beberapa Wartawan, ke Pulau Anambas, berangkat dari pelabuhan Internasional Tanjungpinang, (12/6), sekitar pukul 04.00 Wib.

Pulau pertama yang disinggahi rombongan Gubernur Kepri, adalah Pulau Jemaja, setelah kapal yang membawa rombongan ini melakukan perjalanan sekitar 7 jam lamanya. Kedatangan rombongan Gubernur, langsung disambut warga Jemaja dengan suasana aman dan kondusif, warga juga membentuk barisan dari dermaga tempat bersandarnya kapal rombongan Gubernur Kepri,  sampai disepanjang jalan raya.

Gubernur kepri, HM. Sani, dalam kunjungannya ke Jemaja, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bandara Letung dan membuka selubung papan nama bandara, serta memberikan bantuan kepada masyarakat dan kata sambutan setelah setelah melakukan peletakan batu pertama dan membuka selubung papan nama bandara letung. Gubernur hanya dua jam di sana. Setelah meletakkan batu pertama pembangunan Bandara Letung, rombongan bergerak ke Pulau Midai, Natuna, sekitar pukul 14.40 Wib. Lebih kurang 6 jam kemudian rombongan tiba di Midai. Biasanya, perjalanan membutuhkan waktu 5 jam saja. Namun karena angin kuat dan ombak besar, Kapten kapal Seven Star Island yang membawa rombongan Gubernur, memilih untuk mengurangi kecepatan.

Dalam satu hari perjalanan Rombongan Gubernur Kepri, memakan waktu sekitar 13 jam perjalanan, dari tanjungpinang ke Jemaja 7 jam perjalanan, dan dari Jemaja, ke Midai ditempuh dengan waktu 6 jam perjalanan. Sementara acara seremonial yang dihadiri Gubernur Kepri hanya dua jam. Gubernur Kepri di Midai, juga memberikan bantuan dan melakukan ramah tamah dengan warga setempat, dan selanjutnya rombongan bermalam di penginapan, rumah warga , dan Mess Pemerintah daerah Kabupaten Natuna.

Kapal Rombongan Gubernur Kepri Tabrak Karang                                                                                                                                           Kapal MV Seven Star Island yang mengangkut Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, dan rombongan, menabrak karang di perairan Pulau Subi, Kabupaten Natuna, Kamis (13/6) sekitar pukul 15.00 WIB. Insiden ini menyebabkan satu mesin mati akibat baling-baling kapal rusak.

Rombongan gubernur rencananya menuju ke Serasan untuk meresmikan PLTD, namun, dalam perjalanan sekitar 300 meter dari pelantar pulau Subi, kapal yang mengangkut rombongan diperkirakan sebanyak 147 orang itu, selain gubernur Kepri, HM Sani, Sekdaprov Kepri, Suhajar Diantoro, Bupati Anambas, Ilyas Sabli, dan sejumlah SKPD lainnya menabrak karang di perairan pulau Subi.

Alung, Nahkoda kapal Seven Star Island, langsung menghentikan kapal, dan menunggu sekitar beberapa menit untuk menunggu petugas dari subi turun melakukan penyelaman, untuk memastikan kerusakan kapal setelah menabrak karang tersebut.
Alung, juga mengatakan, sebenarnya saat menuju Pelabuhan Subi, kapal melaju dengan mulus sampai di tempat. Namun saat akan meninggalkan Subi kapal menabrak karang, dan tabrakan tersebut terjadi karena air laut telah surut.

Alung menjelaskan, “Memang alur perairan di sini sedikit sempit karena adanya karang, saat meninggalkan pelantar juga laju kapal sangat pelan karena telah mengetahui jalur itu terdapat karang”. Setelah meminta bantuan dari petugas yang ada di darat dan diturunkan kapal pemandu serta penyelam ternyata diketahui baling-baling kapal sebelah kiri mengalami bengkok karena menabrak karang.

Akibat menabrak karang, salah satu mesin kapal mati hingga kapal tersebut terlambat sampai di Serasan, kata, Kabag Humas Pemprov Kepri, Riono.
“Kami baru sandar di Serasan, terlambat sekitar satu jam dari dua jam perjalanan normal,” ujarnya.
Pulau Subi sendiri, merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Natuna atau bagian dari Laut Cina Selatan.


Gubernur beserta sejumlah pejabat daerah mengunjungi sejumlah pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan sejumlah negara di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna sejak Rabu (12/6) dini hari.
Rombongan diperkirakan kembali ke Tanjungpinang pada Sabtu (15/6), kemudian singgah ke pulau Tambelan yang berdekatan dengan Provinsi Kalimantan Barat, yang merupakan salah satu pulau terluar dari Kabupaten Bintan.
(redaksi)

Check Also

Pelanggar lalu lintas membayar denda yang dikenakan kepada kasir Bank BRI Cabang Langsa.

Polres Langsa Gelar Sidang di Tempat Bagi Pelanggar Lalu Lintas

Langsa, sidaknews.com – Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian resor Langsa bersama Pengadilan Negeri dan Kejaksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>