Home » Berita Foto » Langkah Nur Pamudji minta mundur perlu ditiru dirut BUMN lain

Langkah Nur Pamudji minta mundur perlu ditiru dirut BUMN lain

langkah-nur-pamudji-minta-mundur-perlu-ditiru-dirut-bumn-lain2Sidaknews.com – Peneliti Pusat Kajian Anti korupsi Universitas Gadjah Mada (PuKAT UGM) Hifdzil Alim mengapresiasi sikap Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji yang mengajukan pengunduran diri kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan.

Permintaan itu disampaikan Nur tiga pekan lalu, lantaran anak buahnya diduga terlibat korupsi pengadaan flame turbin di Belawan, Sumatera Utara, pada 2007-2009 senilai Rp 232,98 miliar. Dalam pengembangan kasus, Kejaksaan Agung sempat memanggil orang nomor satu PLN itu sebagai saksi.

Hifdzil menyatakan walaupun Nur Pamudji sebetulnya bukan tersangka, namun sikapnya yang meminta mundur harus diapresiasi. Rata-rata petinggi, baik di pemerintahan maupun BUMN, selama ini lebih sering cari aman ketika anak buah tersangkut korupsi.

“Ini preseden yang baik. Di Indonesia seringnya ketika anak buahnya korupsi, atasannya kan mencari jalan agar dia tidak tersangkut,” ujarnya

Dari catatan PuKAT, di negara dengan indeks korupsi minim, misalnya Korea Selatan atau Eropa, langkah pimpinan seperti itu sudah lazim terjadi. Hal ini juga tidak dianggap sebagai tanda pemimpin gagal. Sebaliknya, penyidikan bisa dijalankan lebih leluasa, tanpa ada prasangka publik bahwa terjadi konflik kepentingan dari petinggi untuk melindungi anak buahnya.

“Di beberapa negara itu merupakan hal yang wajar, supaya petinggi juga tidak tersandera kasus tersebut. Ini best practice, seharusnya ditiru direktur BUMN lainnya ketika mengalami hal yang sama,” kata Hifdzil.

Sebelumnya, Nur mengakui sudah menghubungi Dahlan lewat sms untuk mengundurkan diri pada 12 November lalu. Pasalnya, kasus anak buahnya itu mencoreng upaya PLN lepas dari korupsi.

Nur menyatakan bersedia mengundurkan diri lantaran merasa tidak berhasil mendidik anak buahnya untuk bekerja dengan baik.

“Sebab itu Dirut PLN harus piawai melindungi para pegawainya dari persoalan hukum dan saya ikhlas mundur untuk digantikan oleh Dirut baru yang piawai tersebut agar para profesional di PLN bisa bekerja dengan tenang,” ujarnya ketika ditemui di Kementerian ESDM kemarin, Jumat (6/12).

Namun, Dahlan Iskan belum bersedia mengizinkan Nur melepas jabatannya. Alasan Menteri BUMN, Nur Pamudji orang jujur. Dahlan telah menceritakan kasus ini kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Saya lapor ke Presiden ini kenyataannya dan saya diminta cari jalan terbaik. Dua jam setelah Pak Nur sms itu saya langsung lapor,” ucap Dahlan di Subang, Jawa Barat, kemarin.

Nur diperiksa sebagai saksi kasus pengadaan flame turbin itu pada 28 November lalu. Di ditanya tentang segala aspek pengadaan proyek selama 7 jam di Gedung Bundar Kejaksaan Agung.

Dirut PLN ini merupakan figur yang dianggap bersih, bahkan oleh lembaga di luar Kementerian BUMN. Nur menerima penghargaan Bung Hatta Anticorruption Award 2013 dua bulan lalu bersama Wakil Gubernur DKI Basuki T. Purnama.

“Keduanya menggagas ide-ide orisinal dalam hal reformasi birokrasi, pelayanan publik dan penguatan institusi pengawasan internal,” ujar Ketua Dewan Juri Bung Hatta Anti Corruption Award 2013, Betti Alisjahbana, pada malam penganugerahan.

Kejaksaan sejauh ini telah menetapkan lima tersangka dalam kasus ini. Antara lain mantan General Manajer PT PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Albert Pangaribuan, Manajer Bidang Perencanaan PLN Edward Silitonga, Ketua Panitia Pemeriksa Mutu Barang PLN Ferdinand Ritonga, Manajer Produksi PLN Fahmi Rizal Lubis, dan Ketua Panitia Lelang PLN Robert Manyuazar.

Penyidik menduga ada penggelembungan harga dalam pengadaan flame turbin tahun anggaran 2007, 2008, dan 2009. Hal ini dikarenakan alat tersebut tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan.sumber.merdeka.com

Check Also

Pasangan calon Walikota/wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. Syamsudin H. Amin MM dan Khairul Anwar SH MH.

Bila Terpilih, Paslon SAKA Akan Jalankan 5 Pilar Pembangunan

Langsa, sidaknews.com – Pasangan calon (paslon) Walikota dan wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>