Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Lima Pelaku Narkoba Kembali Diringkus Polisi

Lima Pelaku Narkoba Kembali Diringkus Polisi

Kapolres Tanjungpinang
Kapolres Tanjungpinang AKBP Dwita Kumu Wardana bersama Wakapolres Kompol Hilman Wijaya dan Kasat Narkoba AKP Abdul Rahman ketika menggelar jumpa pers pengungkapan kasus narkoba, Rabu (21/1). Foto: Rindu Sianipar

-Dua kilogram ganja dan 1,7 gram sabu diamankan

Tanjungpinang, sidaknews.com – Lima pelaku kasus dugaan penyalahgunaan narkoba kembali diamankan jajaran Satnarkoba Polres Tanjungpinang. Pelaku yang diantaranya salah satunya wanita ini diamankan dari lokasi dan tempat berbeda.

Kelima pelaku yang berusia antara 20-40 tahun ini masing-masing berinisial RS, RD, YK FR dan RQ. Kapolres Tanjungpinang AKBP Dwita Kumu Wardana membenarkan penangkapan kelima pelaku.

“Lima pelaku sudah kita amankan. Selain itu, kita juga mengamankan barang bukti narkoba. Empat pelaku memiliki keterkaitan dan satu pelaku RQ lagi hasil pengembangan kasus,” ujar Dwita saat menggelar konfrensi pers terkait kasus narkoba tersebut, Rabu (21/1) di Markas Kepolisian Resort (Polres) Tanjungpinang.

Dikatakan Kapolres, pengungkapan kasus tersebut berkat informasi yang disampaikan masyarakat. Awalnya, polisi berhasil mengamankan pelaku RS ketika diduga sedang membawa narkoba jenis sabu.

“Tersangka RS diamankan di depan kedai kopi “Banyu Wangi” yang berada di sekitar ruas jalan Bintan persisnya di dekat Hotel Laguna Tanjungpinang, Rabu (7/1) sekitar pukul 00.00 Wib,” kata Dwita yang didampingi Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang, AKP Abdul Rahman.

Dari tangan tersangka RS, polisi mengamankan dua paket sabu seberat 1,5 gram, satu unit hape, celana pendek, satu bungkus rokok. Kemudian, polisi melakukan pengembangan, dari pengakuan RS diketahui jika dirinya membeli barang tersebut dari pelaku YK.

narkobaBerselang sekitar empat jam, pelaku YK diamankan bersama RD dan FR ketika diduga sedang menggelar pesta narkoba di sebuah tempat kos yang berada di sekitar jalan Sultan Sulaiman Gang Putri Duyung I Kelurahan Kampung Bulang Tanjungpinang.

“Saat digerebek, dari tangan pelaku ini berhasil diamankan satu paket diduga sabu seberat 0,2 gram, seperangkat alat hisap sabu (bong), satu pipet kaca, satu unit timbangan, satu ikat kantong plastik transparan dan lima hape berbagai jenis. Pelaku YK mengaku mendapatkan barang tersebut dari Andre (DPO),” kata Dwita.

Sementara pelaku RQ, lanjut Dwita, diamankan di sebuah rumah kontrakan di ruas jalan Transito Gang Suka Jaya Kelurahan Kota Piring Tanjungpinang Minggu (18/1) sekitar pukul 12.00 Wib.

Dari pelaku ini, polisi mengamankan narkoba jenis ganja yang beratnya sekitar dua kilogram yang rencananya akan dipasok pelaku RQ ke salah seorang narapidana yang saat ini mendekam di Lapas Klas II A KM 18 Tanjungpinang berinisial BY.

“Dari pengakuan pelaku, barang tersebut rencananya akan dikirim ke salah seorang napi, BY yang saat ini menjalani hukuman karena tersandung kasus narkoba,” ujar Dwita.

Dwita menambahkan, empat pelaku, RS, YK, RD FR akan dijerat dengan pasal 114 ayat (1) jo pasal 112 ayat (1) jo pasal 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Narkotika.

Sedangkan tersangka RQ akan dijerat dengan pasal 114 ayat (2) jo pasal 111 ayat (2) jo pasal 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Narkotika. “Ancaman hukumannya maksimal antara 12 sampai 20 tahun penjara,” kata Dwita.(Rindu Sianipar)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *