Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Limbah PTPN XIV Persero PKS Unit I Barau Tidak Berdampak Bagi Petani Tambak Desa Lagego

Limbah PTPN XIV Persero PKS Unit I Barau Tidak Berdampak Bagi Petani Tambak Desa Lagego

Keterangan Fhoto: kelompok tani tambak.
Keterangan Fhoto: kelompok tani tambak.

Luwu Timur,Sidaknews.com – Saat tim media ini dan LSM GEMPAR Kab.luwu timur melakukan imvestigasi di lapangan terkait limbah cair PTPN XIV unit 1 burau, yang selama ini menjadi sorotan dari kalangan lsm dan wartawan.

PAda 31-01-2015, tim gabungan menemui beberapa ketua kelompok tani tambak desa. lagego untuk di konpirmasi guna memperjelas hasil pertemuan dialog pembahasan limbah cair bersama wartawan dan menejer PTPN-XIV unit 1 burau tahun 2014.

terkait dengan keluhan-keluhan petani tambak yang lansung terkontakminasi antara tambak petani dan limbah cair PTPN XIV unit 1 burau yang langsung terbuang di aliran sungai lagego, yang saat ini diduga mengandung saat kimia atau B3.

Rukman, ketua kelompok mappideceng, dengan luas lokasi tambak 80.Hektar, M. hatta ketua kelompok, sama enre, luas lokasi tambak, 115,Hektar, keduanya menyampaikan kepada awak media ini’’ berapa tahun yang lalu pihak PTPN XIV memberikan pupuk, juga fasilitas air bersih/ sumur bor kepada kelompok sama enre, dan kelompok mappideceng.

kondisi tambak di desaDimana fasilitas sumur bor sampai saat ini masih digunakan dan komsumsi oleh petani tambak yang tinggal sehari-hari dilokasi tambak.

“rukman” jika terkait limbah cair PTPN XIV,yang selama ini jadi bahan pembicaran masyarakat dan sorotan wartawan, itu juga tidak memjadi beban atau hambatan untuk melakukan aktifitas peta tambak, apalagi kalau dirugikan petani tambak yang ada di kelompok tani mappidecen, dan kelompok tani samaenre selama ini tidak pernah.

Saat ini kelompok, tani, sama enre, dan kelompok mappideceng mengelolah lahan tambak seluas, 195 hektar, yang menproduksi ikan, udang, rumput laut, semuanya berjalan baik dan hasil panen dua kelompok ini meningkat dari tahun sebelumnya.

M.hatta menambahkan lagi, kalau hasil penen lagi menurun itu bukan dampak dari limbah cair PTPN XIV semuanya dari tuhan yang maha esa, karna reziki manusia suda di tetunkan yang maha kuasa.

Tim wartawan Sidaknews.com dan LSM GEMPAR melakukan imvestigasi di aliran sungai lagego, menjadi aliran pembuangan limbah cair PTPN XIV menuju muarah lagego dengan

Keterangan Fhoto: Petani Tambak Konsumsi Air Bersih Fasilitas PTPN I Burau.
Keterangan Fhoto: Petani Tambak Konsumsi Air Bersih Fasilitas PTPN I Burau.

jarak jauh aliran sungai antara pabrik ke muara kurang lebih 4 kilo M.

Beberapa biota laut yang di temukan di sepanjang aliran sungai lagego yang menjadi sorotan wartawan dan LSM saat ini, berdasarkan hasil temuan imvestigasi wartawan dan LSM di lapangan telah terbukti dan sangat jelas bahwa limbah PTPN XIV Persero diduga tidak mengandung zat kimia.

Hal ini dikarenakan beberapa biota-biota laut yang ditemukan di muara lagego seperti,kurang, siput, yang berkontakminasi lansung limbah cair PTPN XIV saat ini masi hidup segar di sepanjang aliran sungai lagego.(amir/idul)

Check Also

Maklumat Kapoldasu Jaga Kamtibmas Selama Ramadan, Petasan Dilarang, Jangan Digunakan, Bisa Dipidana

Sidimpuan, sidaknews.com – Untuk memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan 2017 dan idul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *