Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » LSM ICTI akan laporkan kasus Dugaan Pemalsuan Ijazah

LSM ICTI akan laporkan kasus Dugaan Pemalsuan Ijazah

ketua lsm ICTI-Ngo Kepri, Kuncus
ketua lsm ICTI-Ngo Kepri, Kuncus

Tanjungpinang,Sidaknews.com–Terkait kasus Dugaan pemalsuan Ijazah SI yang digunakan oleh “LA” Oknum Kepsek SMK Perikanan dan Kelautan di Bintan kepulauan Riau, “diduga palsu”.

hal ini disampaikan oleh Kuncus ketua Umum Lembaga swadaya Masyarakat Investigation Coruuption Transparan Independen Kepulauan Riau kepada media ini 02/11.

Setelah menyurati pihak Rektor Universitas Andalas pada tanggal 17 Oktober 2013 dengan nomor surat: 112/LSM-ICTI/Tpi-III/13, yang intinya, pihak Lsm ICTI-Ngo Kepulauan Riau meminta kepada pihak Universitas Andalas sejauh mana keabsahan ijazah tersebut.

Dari hasil surat yang kami layangkan kepada pihak Universitas Andalas sudah memberikan pemberitahuan kepada pihak Lembaga Swadaya Masyarakat Investigation Coruuption Transparan Independen kepuluan Riau, dengan nomor Surat:10835/UN.H16.20/PP/2013. Intinya tertuang dalam surat ini yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Andalas Padang Sumatera Barat.

Setelah melakukan pengecekan kebenaran data terhadap kasus diatas, menurut Rektor Universitas Andalas dapat kami tarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Sdr.Lili Anggriani tidak pernah terdaftar sebagai Mahasiswa Unuversitas Andalas
2. Kode nomor Ijazah tidak benar
3. No.Buku pokok (BP) tidak benar
4. Pada tanggal 17 Oktober 2009 Universitas Andalas tidak melaksanakan Wisuda
5. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang tertera pada Ijazah tersebut tidak benar.
6. Rector Universitas Andalas yang tercantum pada Ijazah tersebut tidak benar.

Sehubungan dengan keberadaan Ijazah tersebut, bahwa Universitas Andalas tidak pernah mengeluarkan atau memberikan kepada yang bersangkutan, dapat dinyatakan bahwa ijazah tersebut adalah PALSU.

Demikianlah surat pemberitahuan ini disampaikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, atas perhatian diucapkan terimakasih. Tertanda Rektor Universitas Andalas Padang Sumatera Barat Dr.H.Werry Darta Taifur,SE.MA.Nip.19061129 1986031003.“surat ditandatangani pada tanggal 22 Oktober 2013.
Ketika dikonfirmasi melalui kontak person dan SMS “LA” Oknum Kepsek SMK Perikanan dan Kelautan oleh Ism ICTI-Ngo kepri, hingga saat ini belum ada memberikan jawaban.

Menurut kuncus, kasus ini kita akan bawa ke penegak hukum, dan dalam waktu dekat kita akan laporkan, biarlah penengak hukum yang menangani kasus ini, disana nantinya akan terlihat kejanggalan-kejanggalan yang selama ini mereka perbuat.

Disisi lain, Jika kita memperhatikan, ada dugaan kejanggalan terhadap penggunaan Ijazah SI jurusan pada program Study SOSIOLOGI Nomor:47682/0122/J.02/SI/2009 dan No.Bp:05682011 yang dimiliki oleh “LA” yang pertama, beliau sudah mengatakan bahwa Ijazah yang dia miliki dari Universitas Andalas Padang Sumatera Barat Notabenenya dibeli, Namun tidak dijelaskan dibeli dari mana.

La ode Kamaruddin pendiri dan Badan pengawas Kepri Coruuption Wactth, mengatakan, bahwa yang dilakukan oleh oknum Kepsek SMK Perikanan dan Kelautan sudah melakukan pemalsuan dokumen Negara, seharusnya kasus ini secepatnya dilaporkan kepada polisi.

Dan mengenai pernyataan yang disampaikan oleh Kadis Pendidikan Bintan beberapa waktu yang lalu, perlu ditelusuri, bukan disitu saja, mungkin ada anggaran Negara dan lainnya yang sudah disalurkan kepada sekolah tersebut.

”Dia” menjelaskan, jika ada menyangkut dengan unsur kerugian Negara, maka kasusnya mengarah pada tindak pidana korupsi, sementara mengenai kasus Ijazah palsu sudah jelas pada pidana umum.

Kuncus juga menambahkan, bahwa, permasalahan Ijazah di kepri khususnya sangat banyak, mulai dari Oknum anggota dewan, oknum pengacara, Oknum pegawai negeri, namun, sangat disayangkan, jika seseorang itu menggunakan Ijazah Palsu untuk kepentingan Umum, dan kedepannya, kita minta kepada seluruh kepada daerah khususnya di kepulauan Riau, agar lebih seleksi dan ekstra hati-hati.(Redaksi).

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>