Home » Berita Foto » LSM ICTI-Ngo Kepri Akan Laporkan Konsuil Kepri ke DJK

LSM ICTI-Ngo Kepri Akan Laporkan Konsuil Kepri ke DJK

Keterangan Gambar: Salah satu Ruko di RH. Fisibillah Batu 8 Tanjungpinang, diduga SLO bermasalah.
Keterangan Gambar: Salah satu Ruko di RH. Fisibillah Batu 8 Tanjungpinang, diduga SLO bermasalah.

-Terkait Dugaan SLO Bodong Yang Diterbitkan Oleh Konsuil Kepri.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Terkait dengan maraknya SLO yang diterbitkan oleh Konsuil Kepri di beberapa tempat perumahan dan Ruko di wilayah Tanjungpinang dan Bintan diduga tampa melalui Prosedur dan ketentuan yang berlaku. Akibat Perbuatan yang dilakukan oleh Konsuil berakibat merugikan pada pihak Konsumen.

Ketua LSM ICTI-Ngo Kepri,Kuncus mengatakan bahwa Pasalnya, dalam penerbitan sertifikasi Laik Operasi (SLO) yang dikeluarkan oleh Konsuil Kepri jelas tidak melalui mekanisme sesuai dengan aturan yang diberlakuan oleh Direktorat jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dan Registrasi SLO merupakan penerapan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 05 Tahun 2014 tentang Tata Cara Sertifikasi dan Akreditasi Ketenagalistrikan.Ungkapnya.

Temuan kami di lapangan ratusan SLO yang dikeluarkan oleh pihak Konsuil Kepri

Keterangan Gambar: Salah satu Sertifikasi SLO yang diduga Bodong.
Keterangan Gambar: Salah satu Sertifikasi SLO yang diduga Bodong.

tampa ada pengecekan di lapangan, hanya taunya menerima laporan dan menerima uang pemeriksaan, bukan mendatangani atau memeriksa instalasi, padahal dari impormasi yang kami peroleh di lapangan, bahwa kebanyakan instalasinya belum terpasang, kalau pun ada yang sudah terpasang, hanya satu meter kabel dari KWh meter PLN ke dalam bangunan.

Maka dalam hal ini, kami melihat betapa mudahnya untuk memperoleh sebuah Sertifikasi Laik Operasi (SLO) yang dikeluarkan oleh Konsuil Kepri, lalu siapa yang dirugikan? tentukan para konsumen, apalagi jika kabel instalasi yang terpasang bukan memakai standart nasional indonesia.

Seharusnya pihak Konsuil Kepri sebagai pelindung bagi konsumen, malah sekarang menjadi musuh dari calon konsumen, kenapa tidak, “perlu kita ketahui pungsi lembaga Konsuil adalah menjaga keselamatan dan perlindungan konsumen pemakai listrik, KONSUIL melaksanakan pemeriksaan dengan dasar kewenangan dan amanah yang diberikan oleh Kementerian ESDM.

Saat dihubungi media ini manager Rayon Bintan Center terkait dengan pemasangan Instalasi Listrik yang dikerjakan langsung oleh pihak

Keterangan Foto: salah satu Kabel yang terpasang
Keterangan Foto: salah satu Kabel yang terpasang 1 meter kabel dari Kwh meter PLN ke dalam bangunan.

Developer yakni PT Sinar Bodi Cipta tampa melalui Biro Instalatir, Stevenson Aritonang mengatakan, bahwa dirinya sudah mendegar ada masalah tersebut, Namun, apa yang disampaikan oleh General Manager (GM) Konsuil Kepri kepada kami, itu katanya bukan SLO Bodong. (9/3). Tuturnya.

Terkait adanya temuan kami di lapangan 16 Ruko yang terletak di Jalan R H Fisibillah batu 8 atas, ditemukan bukti sertifikasi Laik Operasi (SLO) yang dikeluarkan oleh pihak Konsuil Kepri, jelas didalam sertifikasi yang dikeluarkan oleh Konsuil kepri tidak ditandai dengan bukti pengesahan dari DJK.

yang lebih anehnya lagi, pihak Biro Instalatir CV.Kanuria sudah menerima uang untuk penyambungan listrik dari PLN, sementara impormasi yang diterima dari pihak ketiga mengatakan, bahwa pihak biro Intalatir baru membayarkan Biaya Penyambungan (BP) kepada PT PLN sejumlah 13 unit ruko.

Kuat dugaan bahwa SLO Bodong tersebut dipergunakan dan dimanfaatkan oleh CV Kurunia Jaya untuk mendapatkan uang terlebih dulu sebelum melaksanakan pemasangan instalasi pada bangunan tersebut, dan juga ada persengkolkolan antara pihak Biro Instalatir CV.Karunia Jaya dengan Pihak Konsuil Kepri.

Mencermati terkait soal sertifikasi Laik Operasi (SLO) ternyata bukan hanya di Tanjungpinang yang bermasalah. Disiyalir besar kemungkinan ada terjadi di Ranting-ranting PLN Area Tanjungpinang pada tahun 2014 yang lalu.

LSM ICTI-Ngo Kepri dalam waktu dekat ini akan melaporkan kasus ini kepada Direktorak jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.Tegasnya.(Red)

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>