Home » Berita Foto » LSM KCW ancam mau laporkan Dinas terkait pembangunan jalan di kepri

LSM KCW ancam mau laporkan Dinas terkait pembangunan jalan di kepri

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Proyek jalan di Provinsi Kepulauan Riau diduga dimonopoli oleh perusahaan kontraktor tertentu. Akibatnya, pembangunan jalan terkesan asal-asalan karena perusahaan tersebut memiliki peralatan yang minim dan tak memiliki sertifikasi dalam pengaspalan jalan.

Juru Bicara dan Pengawas LSM Kepri Corruption Watch Laode Kamrudin, Rabu (21/5), mengatakan, berdasarkan data yang diporoleh dalam Pelelangan Layanan Pengadaan Secara Elektronik ditemukan indikasi monopoli tender proyek pembangunan dan pengaspalan jalan di Kepri oleh satu perusahaan proyek.

Padahal, perusahaan tersebut didapati tidak memiliki peralatan seadanya dan tidak bersertifikasi kalibrasi Asphalt Mixing Plant (unit produksi campuran beraspal).

“sejak proyek dilelang sudah terlihat persaingan tidak sehat antara perusahaan peserta lelang.Pememang lelang ditentukan oleh Pejabat Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan KCW, sejumlah jalan mulai dari jalan kriteria jalan nasional hingga provinsi mengalami kerusakan di Kepri. Padahal,jalan tersebut masih dalam pengerjaan, bahkan ada yang baru selesai dibangun.

Dinilai dari cara pengaspalan dan kualitas jalan-jalan tersebut, ada indikasi mengarah ke korupsi dan nepotisme. Teknis-teknis pengerjaan jalan tidak sesuai standar yang diterapkan Bina marga.

“Jalan dengan kualitas aspal yang bagus itu mengacu kepada kalibrasi AMP,” ucapnya.

Namun, pembangunan jalan di Kepri bisa disebut tak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Ada beberapa jalan yang dibangun tidak sesuai dengan spesifikasi seperti yang ada di dalam kontrak perjanjian.

“Pengaspalannya dilakukan asal jadi. Jalan yang dibangun itu sudah bergelombang sebelum lima tahun,” ungkap Laode.
Kualitas aspal yang buruk disertai dengan pekerjaan yang asal jadi membuat jalan yang tersebut hancur dan tak dapat dilewati. Lubang-lubang yang muncul di sepanjang jalan di Tanjungpinang seperti inilah yang menjadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas.(Red)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>