Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » Maestro Biola Mencuat Karena Kayu Bekas

Maestro Biola Mencuat Karena Kayu Bekas

Violin Adang Suganda
Violin Adang Suganda, beliau adalah Maestro Biola di Kota Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Bagi sebagian orang pasti sudah mengenal Violin Adang Suganda. Dia maestro biola yang namanya mencuat hingga tingkat nasional bahkan internasional. Dia berkeinginan besar mengembangkan kesenian itu hingga di Karawang Jawa Barat. Sayangnya, keinginannya tak cukup mendapat respon dari pemerintah di daerah itu.

“Saya membuat biola dari bahan seadanya. Seperti dari kayu tempat tidur bekas karena faktor ekonomi. Saya juga ingin mengembangkan serta melestarikan musik biola di tanah karawang,” ujar Violin. Adang menambahkan, bisa bermain alat musik ini tidak pernah belajar atau berguru kepada orang lain lain, akan tetapi insiatif sendiri serta tekad yang kuat untuk melestraikan kesenian.

Banyak kalangan pelajar yang tidak mengetahui tentang budaya dan seni sehingga lambat laun akan hilang. Selain menjadi relawan pengajar musik kehidupan sehari dijalankan dengan menjadi pemain sulap keliling sehingga tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Saya menginginkan Kabupaten Karawang terkenal dengan ragam budaya serta keseniannya dan masyarakat karawang juga harus membawa pemerintah dalam hal tersebut. Saya terus berjuang melestarikan serta mengembangkan alat musik, jangan sampai hilang ditelan oleh jaman,” katanya.

Dia melanjutkan, semenjak kedatangan di karawang sekitar tahun 1978, musik biola pada waktu belum berkembang dan menyalurkan hobi bermain musik ke generasi muda. Pemerintah terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dapat memberikan perhatian besar untuk melestarikan musik biola serta memfasilitasi bahan-bahan pembuatan biola untuk berkembangnya kesenian tersebut di Kabupaten Karawang.

“Saya meminta pemerintah Disbudpar Karawang memberikan perhatian penuh serta bantuan agar kesenian dapat berkembang pesat terutama di generasi muda.Saya berfikir kalau kesenian ini tidak dilanjutkan oleh generasi muda maka akan hilang dengan sendirinya. Saya meminta pemerintah melirik untuk mengembangkan serta melesatrikan kesenian di Karawang,” katanya.(ega)

 

Check Also

Basrah Serahkan Bukti Baru, BPH Penuhi Panggilan Polres Kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Polres Kota Padangsidimpuan kembali menerima tambahan bukti-bukti yang menguatkan pemilik Nomor HP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *