Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Mantan Walikota Tanjungpinang Akan Bersaksi Untuk Dedy Chandra

Mantan Walikota Tanjungpinang Akan Bersaksi Untuk Dedy Chandra

– Terkait Sidang Lanjutan Dugaan Korupsi Proyek Pengadaan Lahan USB di Tanjungpinang.

Wan Samsi
Mantan Asisten Pemerintahan I Wan Samsi saat di Persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) selasa (7/10). (Ft.Rindu Sianipar)

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Pada sidang lanjutan kasus Dugaan korupsi Proyek Pengadaan lahan USB di Tanjungpinang tahun 2009 senilai Rp 2,9 miliar,dengan terdakwa Dedy Chandra. Nama mantan walikota Suryatati A.Manan disebut dalam persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (7/10).

Dalam persidangan kasus Dedy Chandra, hadir dipersidangan Mantan pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Gatot Winoto, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tanjungpinang, Syafrial Evi yang saat ini menjabat Asisten 3 Administrasi Umum Pemko Tanjungpinang, serta mantan Asisten Pemerintahan 1 Bidang Pemerintahan, Wan Samsi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemko Tanjungpinang.

Dalam keterangannya, Gatot hanya mengaku tahu adanya informasi dan laporan sesuai kelengkapan administrasi terhadap pelaksanaan proyek pengadaan lahan USB terletak di Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur saat itu. Laporan tersebut diperoleh Dedy Candra selaku Kabag Pemerintahan saat itu.

Gatot Winoto mantan sekda Tanjungpinang.
Gatot Winoto mantan Plt Sekdako Tanjungpinang.

Disamping itu, mantan Plt Sekdako Tanjungpinang ini juga mengaku tidak dilibatkan dalam anggota tim 5 maupun tim 9 tentang penilaian dan penentu harga lahan untuk pelaksanaan proyek pengadaan lahan USB tersebut, termasuk teknis pelaksanaan pembebasan lahan yang diadakan.

Sementara saksi Syafrial Evi, selaku kepala Bappeda sekaligus anggota tim 9 pembebasan lahan saat itu mengaku, awal pelaksanaan proyek atas adanya ajuan dari Dinas Pendidikan Pemko Tanjungpinang kepada Walikota Tanjungpinang dan diteruskan Bappeda untuk dibuat perenacanaan kegiatan melalui musyawarah pembangunan (Musrenbang) untuk dilaksanakan tahun 2009 lalu.

Namun ketika ditanyakan tentang dasar penentuan harga lahan untuk pelaksanaan proyek tersebut sebesar Rp85 ribu per meter persegi, Syafrial Evi mengaku lupa dan tidak tahu.

Disamping itu, ia juga mengaku tidak pernah mengikuti rapat sebagai anggota tim 9 untuk membahas tentang pembebasan lahan yang telah diadakan selama beberapa kali saat itu.

“Yang hadir rapat saat itu hanya staf saya saja, karena saya mengikuti kegiatan lain mewakili Walikota saat itu,” ucapnya.

Sementara saksi Wan Samsi, selaku ketua tim 9 juga mengaku tidak pernah mengikuti kegiatan rapat membahas tentang pembebasan lahan untuk USB saat itu, melainkan hanya sebatas laporan dari Dedy Chandra.

“Saya hanya mempercayai saja sama Dedy Chandra, kemudian menandatangani semua berita acara yang disodorkan kepada saya,” ucap Wan Syamsi.

Jalanya sidang dipimpin majelis hakim Tipikor, Parulian Lumbantoruan SH MH didampingi R Aji Suryo SH MH dan Pathan Riadi SH MH. Sedangkan Jaksa Penunut Umum (JPU) yakni Maruhum SH, Eka Palapia SH dan Evan SH.

Sementara terdakwa Dedy Candra didampingi Penasehat Hukum (PH) Rivai Ibrahim SH dan Raja Azaman SH.

Sidang dilanjutkan pekan depan dengan menghadirkan saksi tambahan lainnya, termasuk mantan Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan.(SN)

 

 

 

 

 

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>