Sabtu , 27 Mei 2017
Home » Berita Foto » Marak Peredaran Hp, Lapas Karawang Dirazia Petugas Gabungan

Marak Peredaran Hp, Lapas Karawang Dirazia Petugas Gabungan

Petugas sedang Razia
Lapas Karawang sedang dirazia Petugas Gabungan.

KARAWANG,sidaknews – Pasca hebohnya foto narsis napi bertato di dalam Lapas Kelas II A Karawang di media sosial Facebook, akhinya Lembaga Pemasyarakatan Jawa Barat menggelar sidak, Jumat (2/5) kemarin.

Sidak dilakukan sekitar pukul 20.30 WIB, petugas dibagi 4 tim dan langsung mendatangi kamar tahanan secara bersamaan. Napi digeledah satu persatu. Hasilnya petugas menemukan 62 telepon genggam dari dua blok. Bahkan, yang lebih konyol lagi ditemukan gergaji, pipa besi, hingga sex toys.

Setelah hampir 3 jam melakukan sidak, akhirnya seluruh barang sitaan ini dikumpulkan. Petugas langsung menghancurkan telepon genggam menggunakan palu di depan para napi.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat Ibnu, hasil ini cukup mengejutkan, karena terdapat banyak napi yang memiliki telepon genggam di dalam lapas. “Banyak cara HP ini masuk, bisa melalui kunjungan besukan, atau diselipkan di tempat makanan. Bisa juga pelemparan dari luar,” ujarnya.

Tim Gabungan
Tim Gabungan sedang menggeledah 

Disinggung terkait minimnya pengawasan di lapas, Ibnu tidak menjawab secara tegas namun menurutnya jika dari hasil sidak ini banyak ditemukan barang-barang yang dilarang, tentu pengawasannya patut dipertanyakan. “Iya ini kan eksesnya seperti ini kalau tidak dilakukan tindakan seperti ini,” imbuhnya.

Sidak Bocor.

Kabar yang berhembus di kalangan wartawan sidak yang dilakukan ini sudah terlebih dahulu bocor, Ibnu pun tak menampik kabar tersebut. “Kemungkinan bocor pasti ada, pergerakan ini kan perlu waktu. Kita ngumpul saja mereka terdengar, tapi sangat tipis ini hasilnya lihat saja yang kita dapat,” ungkapnya.

Selain itu, sidak ini juga kabarnya instruksi langsung dari Wamenkumham Denny Indrayana pasca foto-foto narsis napi dipajang di media sosial facebook, hal ini dibenarkan oleh Ibnu.”Iya (foto napi di facebook), kalau beliau langsung melakukan ini sebagai kontrol beliau,”akunya.

Berbagai Handpone disita oleh Tim Gabungan
Berbagai Barang ditemukan di Lapas Karawang, seperti Handpone,gergaji,Pipa besi dan Sex toys disita oleh Tim Gabungan.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Karawang Abdul Aris mengakui pengawasan di lapasnya masih minim, karena jumlah petugas tidak ideal untuk mengawasi sekitar 900 napi.”Ya namanya manusia kan mungkin lengah, tapi kita monitor terus,” kata dia.

Selain itu, Abdul juga menilai leluasanya napi memiliki telepon seluler di dalam lapas diprediksi sudah terjadi cukup lama. Hal ini diakuinya tak terlepas dari sistem pengawasan sebelum ia menjabat sebagai kepala lapas.”Ya ini kayaknya lama, dulu kan tidak ketat, dibiarkan,”sindirnya.

Untuk napi yang terbukti memiliki handpone ini akan diberikan sanksi teguran, namun jika terbukti memiliki handpone kembali maka akan diberikan sanksi berat. “Sanksi peringatan, kalau diulangi lagi hukuman pencabutan hak warga binaan, seperti remisi dan yang lainnya,” tandasnya.(ega nugraha)

Check Also

Bah…!, Ternyata “SB” Mau Rebut Suami “SH”, Akhirnya Berujung di Kantor Polisi

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Kasus penganiayaan yang dialami oleh SH (24) Warga Kelurahan Wek V Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *