Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Marzuki Alie sentil Jimly karena tolak Perppu soal MK

Marzuki Alie sentil Jimly karena tolak Perppu soal MK

marzuki alie. ©2012 Merdeka.com/dwi narwokosidaknews.com – Ketua DPR Marzuki Alie gerah dengan pihak-pihak yang menentang rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau Perppu untuk mengatasi krisis Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, Perppu sama sekali tidak melanggar konstitusi.

“Mau enggak mau harus dibuat Perppu. Ini enggak melanggar konstitusi. Ini bukan intervensi MK tidak bisa diintervensi. Tetapi SBY meminta KPK untuk segera menyelesaikan proses penyidikan,” ungkap Marzuki Ali di Pandeglang, Banten, Minggu (6/10).

Marzuki mengimbau, yang protes agar membaca isi Perppu kembali. Sebab Perppu ini hanya bertujuan untuk mengawasi kinerja MK.

“Presiden tetap ingin lembaga diawasi. MK enggak ada yang ngawasi. Itulah mengapa Perppu penting banyak yang belum baca tapi sudah menolak. Sebaiknya lihat dulu isinya melanggar konstitusi atau enggak,” katanya.

Untuk penyusunan Perppu ini, dalam waktu dekat pemerintah bersama MA dan DPR akan membahasnya. MK pun tidak diperkenankan melakukan judicial review.

“Presiden berhak membuat Perppu tapi harus mendapatkan persetujuan DPR nanti akan dibicarakan. Perppu ini solusi jangka pendek. Silakan kalau MK enggak suka, MK jelas enggak bisa judicial review,” katanya.

Sebelumnya, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqqie menolak rencana Presiden SBY mengeluarkan Perppu untuk menyelamatkan MK. Menurut Jimly, Perppu itu inkonstitusional. Kata Jimly, langkah presiden tidak tepat. Rencana membuat Perppu dinilai emosional. sumber.merdeka.com

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *