Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Meranti Akan Ekspor Timah Batangan

Meranti Akan Ekspor Timah Batangan

Timah Batangan
Timah Batangan.

Meranti,Sidaknews.com – Setelah sempat tertunda, akhirnya Pemkab Kepulauan Meranti Selasa depan (4/3) segera melakukan lounching ekspor perdana timah batangan. 

Lounching perdana ekspor timah batangan Meranti akan dilakukan langsung dari pelabuhan Shemelter PT Wahana Perkita Jaya di Pulau Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dengan dilakukannya ekspor perdana ini, indsutri pengelolaan sumber daya alam pertambangan Meranti memasuki babak baru. Meranti, tidak hanya menjadi daerah penghasil minyak dan gas, sektor pertambangan Meranti muai merambah pada pengelolaan bijih timah menjadi dalam bentuk batangan.

Bila ekploitasi dan pengelolaan tambang bijih timah di perairan laut Rangsang ini berkembang, kedepan Pemkab Kempulauan Meranti berupaya membangun kerjasama dengan pihak pengelola tambang bijih timah PT Wahana Perkita Jaya untuk membangun indsutri turunan pengelolaan bijih timah lainnya.

Upaya ini merupakan bagian dari komitmen untuk menjadikan Meranti sebagai kawasan industry pengelolaan pertambangan masa depan dibibir perairan Selat Malaka. Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kepulauan Meranti H Herman, Kamis (27/2).

Dia mengatakan, Meranti kini telah mencatatkan dirinya sebagai salah satu pengekspor timah batangan. Kebijakan ekspor timah batangan Meranti, tetap dilakukan melalui INATEN sebagai bentuk komitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengatur system tata niaga timah nasional.

“Insya Allah, Selasa 4 Maret ini lounching eskpor timah batangan Meranti, dilaksanakan. Terkait soal perizinan, semuanya sudah clear jadi tinggal realisasi ekspornya saja. Untuk tahap pertama, sesuai dengan ketetapan INATEN Meranti akan ekspor 100 ton timah ke Jepang,” ujar Herman.

Menurutnya, pemerintah telah menetapkan kebijakan baru dalam mengendalikan ekspor timah. Sesuai dengan Permendag No. 32/M-DAG/PER/6/2013 tentang Ketentuan Ekspor Timah, kegiatan ekspor timah harus terdaftar dibursa berjangka komoditas dalam negeri, yang dinaungi INATEN. “Kalau kegiatan ekspor timah batangan ini tidak terdaftar, akan dicabut izin ekspornya.

Untuk itu, Pemkab Kepulauan Meranti, berupaya tetap mengikuti aturan pemerintah tersebut. Apalagi tujuan pemerintah menerapkan system satu pintu dalam kebijakan ekspor timah ini juga sangat tepat untuk menjaga stabilitas harga timah Indonesia di pasaran internasional,” katanya.

Menyinggung kemungkinan adanya investor lain yang ingin mengelola potensi sumber daya alam Meranti, Herman mengatakan Pemkab Meranti menerima dengan tangan terbuka. Sepanjang menguntungkan bagi Meranti, dan mengikuti aturan UU Pemkab Meranti siap membangun kerjasama dengan semua pihak.

Meranti memiliki potensi yang sangat besar sebagai daerah tujuan investasi. Meranti memiliki pitensi kekayaan sumber daya alam yang berlimpah dan belum dikelola secara optimal. Dan Pemkab Kepulauan Meranti tidak ingin terjadi monopoli dalam pengelolaan SDA, hanya dengan melibatkan satu investor.(TIM)

Check Also

Mahasiswa stie antusias hadiri sosialisasi ppan

STIE Pembangunan Tanjungpinang Sambut Sosialisasi PPAN

Tanjungpinang, sidaknews.com – Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Kepri bekerjasama dengan mahasiswa/i STIE Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>