Minggu , 26 Maret 2017
Home » Berita Foto » Merawat Lingkungan, Mahasiswa LP3I Tanam Pohon Bakau di Pantai Cilebar

Merawat Lingkungan, Mahasiswa LP3I Tanam Pohon Bakau di Pantai Cilebar

Mahasiswa LP3I Tanam Pohon Bakau di Pantai Cilebar
Ilustrasi. Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Mahasiswa LP3I Tanam Pohon Bakau di Pantai Cilebar Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada bulan juni ini, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) LP3I Karawang melaksanakan kegiatan penanaman pohon bakau di Tambak Inti Rakyat, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar Karawang baru-baru ini.

Kegiatan yang melibatkan seluruh mahasiswa dan manajemen LP3I Karawang tersebut, bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dimana kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan program kerja pertama UKM LP3I periode 2013/2014, setelah resmi dipilih menggantikan dari kepengurusan sebelumnya periode 2012/2013.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Memberi Yang Baik Maka Akan Menghasilkan Yang Baik Juga’ ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa LP3I Karawang bahwa, jika manusia memberikan yang baik kepada alam, maka alam juga akan memberikan sesuatu yang baik kepada manusia. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua UKM LP3I karawang, Wacim saat berbincang dengan sidaknews.com.

Wacim mengatakan, sudah sama-sama diketahui bahwa keadaan pantai di Cilebar cukup memprihatinkan, karena sebagian besar wilayah cilebar sudah habis diterjang ombak dan abrasi. Untuk itu ia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon bakau tersebut mampu mengurangi terjadinya abrasi yang lebih parah.

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa peduli para mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Dan untuk mencegah lingkungan dari abrasi laut yang saat ini sudah banyak menggerus beberapa wilayah di Cilebar,” kata Wacim.

Wacim menambahkan, kegiatan penanaman pohon tersebut mendapat apresiasi dari pihak KKP yang ada di wilayah Karawang. Dimana para mahasiswa LP3I Karawang mendapat bantuan bibit bakau secara gratis untuk ditanam. Menurutnya, KKP merasa terbantu dengan adanya generasi muda yang peduli akan lingkungan sekitar, sehingga akan tetap terjaga dan terlindung dari kerusakan.

Dikatakan Wacim, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat melatih sejak dini kemampuan bersosialisasi para mahasiswa terhadap masyarakat, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kerjasama dan bernegosiasi. Sehingga hal ini akan terbawa dan menjadi bekal ketika mereka sudah berada dalam dunia kerja.

“Saya berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi acara seremonial saja, namun bisa menjadi kegiatan rutin mahasiswa LP3I Karawang,” harapnya.(ega)

Check Also

Presiden RI Joko Widodo, Menteri PU dan PR, Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, Gubsu T Erry, Kadis PU madina Syahruddin ST saat melihat rencana pembangunan Asrama Haji di Mesjid Nur ala Nur.

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Asrama Haji Mandailing Natal

Mandailing Natal, sidaknews.com – Dalam kunjungannya di Kabupaten Mandailing Natal Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>