Kamis , 23 Maret 2017
Home » Daerah » Babel » Molor Lagi, Peresmian Pelabuhan Tanjung Batu

Molor Lagi, Peresmian Pelabuhan Tanjung Batu

Pelabuhan Tanjung batu Tanjungpandan
Pelabuhan Tanjung batu Tanjungpandan.

TANJUNGPANDAN,Sidaknews.com – Poyek pelabuhan Tanjung Batu, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung pada tahun 2014 ini gagal diresmikan, proyek dengan menelan anggaran Rp115 miliar ini. Padahal sebelumnya peresmian ini sudah direncanakan pada 25 Juli 2014 kemarin oleh Bupati Belitung.

Hal ini diungkapkan langsung Bupati Belitung, H.Sahani Saleh.,S.Sos dan akan mengalami kemunduran hingga tahun 2015 mendatang. Sebab pemerintah terlebih dahulu harus menunggu pembangunan yang dilakukan oleh empat perusahaan swasta hingga selesai.

“Kita masih menunggu bangunan dari pihak swasta yang bekerjasama dengan kita, kalau bangunan itu sudah selesai baru akan kita resmikan. Soalnya peresmian ini akan langsung disandari oleh kapal-kapal mereka,” ungkap Sahani Saleh kepada Media, Sabtu (27/9) kemarin.

Sahani Saleh mengatakan, rencana penyelesaian pembangunan berupa gudang untuk stock fail dan akses jalan ini diberikan waktu oleh pemerintah kepada perusahaan swasta selama 6 bulan kedepan. Sehingga Sahani Saleh berharap di awal tahun 2015 mendatang bisa diresmikan sepenuhnya.

“Rencana kemarin selama 6 bulan untuk penyelesaian pembangunan, ya kita berharap awal tahun depan lah diresmikan. Karena kalau peresmian tidak ada kapal bersandar di pelabuhan itu lain cerita nanti. Kalau mereka sudah selesai baru kata mereka kapal kami yang nanti bersandar untuk peresmian,” sebutnya.

Sahani Saleh tidak memungkiri bahwa kepastian penyelesaian pembangunan gudang beserta akses jalan ini belum bisa dipastikan. Namun jika empat perusahaan tersebut terbilang sudah siap, Sahani Saleh menyebutkan bahwa tidak akan menunda-nunda lagi. “Ya kapan mereka sudah siap dan kapal mereka akan mulai nyandar ke sana, langsung peresmian, itu saja. Tapi dari segi hal lain tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

Sahani Saleh menjelaskan untuk persiapan Pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan Internasional memang sejauh ini telah dipersiapkan dengan matang. Namun dalam mengenai empat perusahaan itu saat ini sedang membangun lahan sendiri tanpa ada bantuan dari pemerintah.

“Kita hanya siapkan lahannya saja didarat, yang membangun untuk akses jalan, stok fail dan pergudangan semuanya mereka. Nah sekarang mereka ini sedang membangun gudang itu soal mereka ingin mendarat disana. Ya tau lah kalau barang import itu gimana kalau tidak ada gudang. Begitu juga kita-kita kalau import disini harus digudang dulu baru nyandar kapal,” jelasnya.(ANS)

Check Also

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif, Aryos Nivada

Aryos: Sengketa Hasil Pilkada Kewenangan MK, Bukan Wewenang Mahkamah Internasional

Banda Aceh, sidaknews.com – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>