Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » MoU Dengan UI, Purwakarta Siapkan 5 Desa

MoU Dengan UI, Purwakarta Siapkan 5 Desa

Keterangan Foto: Kerjasama UI dan Pemkab purwakarta mendapat dukungan dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) yang perwakilannya sengaja datang bersama UI ke bale Nagri didampingi Wakapolres Purwakarta, Kompol Indra Gunawan.
Keterangan Foto: Kerjasama UI dan Pemkab purwakarta mendapat dukungan dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) yang perwakilannya sengaja datang bersama UI ke bale Nagri didampingi Wakapolres Purwakarta, Kompol Indra Gunawan.

Purwakarta,Sidaknews.com – Menindaklanjuti kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, Pemkab purwakarta siapkan 5 desa sebagai percontohan dalam pengembangannya. Pembangunan dan pengembangan desa berbasis kultur bakal dikembangkan di 5 desa tersebut secara holistik.

Informasi ini didapat dalam pertemuan kedua belah pihak di bale Nagri Pemkab purwakarta, jumat 27 Februari 2015. Bupati purwakarta, Dedi Mulyadi menyebut pertemuan ini tinggal membahas langkah teknis dilapangan.

Namun demikian, fokus pengembangannya disesuaikan dengan potensi dan kultur yang ada di 5 desa itu. 5 desa dimaksud adalah Pusakamulya kecamatan Kiarapedes, Sumurugul dan Nagrog di kecamatan Wanayasa, Linggamukti kecamatan Darangdan dan Sukamulya kecamatan Tegalwaru.

“tim setelah ini langsung terjun ke 5 desa itu. Didampingi pejabat pemkab ada Mou pemkab Purwakarta dengan UI2kadisdik, Kadis pertanian, Kepala bappeda, bidang kebudayaan dan beberapa lainnya yang berkepentingan” jelas Dedi.

Lebih jauh Dedi menerangkan konsep pengembangan pembangunan di 5 desa ini akan dikawal pihak UI sementara anggarannya dipersiapkan Pemkab. Namun demikian, konsep pembangunan berbasis kultur menjadi tolok ukur pengembangannya.

Kedepan Dedi mentargetkan di 5 desa itu, akan lahir desa adat yang seluruh kehidupannya berjalan mandiri dengan kekuatan potensi dan kulturnya, “pertanian, pendidikan, sosiokulturnya berjalan alamiah tanpa sentuhan modernitas. Jika sudah demikian saya yakin desa ini akan beradab memiliki aura dan berwibawa. tujuan wisata lahir dengan sendirinya” tambahnya.

Tak hanya di 5 desa ini saja. Secara umum Pemkab purwakarta menurut Dedi akan terus mengembangkan pembangunan yang memiliki karakteristik kultur wilayah purwakarta. Menurutnya, Pemerintah harus memiliki fungsi kultur, bukan hanya birokrasi pelayanannya namun desain arsitekturnya pun harus memiliki karakteristik wilayah setempat.

Kerjasama UI dan Pemkab purwakarta mendapat dukungan dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) yang perwakilannya sengaja datang bersama UI ke bale Nagri didampingi Wakapolres Purwakarta, Kompol Indra Gunawan.

Berkaitan dengan ini, Pemkab pun rencananya akan menjalin kerjasama dengan PTIK dalam pengembangan Sumberdaya manusia dari aspek keamanan lingkungan berbasis kultur.(Karla@.hms)

Check Also

Tiga Pelaku Pengeroyokan Wartawan Berhasil Ditangkap Polda Sumut

Medan, sidaknews.com – Tiga orang tersangka pelakukasus pengeroyokan terhadap seorang wartawan Inews Tv bernama Adi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *