Jumat , 31 Maret 2017
Home » Berita Foto » Musim penghujan tahun ini, Pemkab Purwakarta targetkan 10 juta pohon tertanam

Musim penghujan tahun ini, Pemkab Purwakarta targetkan 10 juta pohon tertanam

-Bupati Purwakarta : “Tanam Dan Merawat Pohon Salah Satu Syarat Siswa Naik Kelas”

siswa - siswa kelas 6 SD Nagrog sedang taman pohon
siswa – siswa kelas 6 SD Nagrog sedang taman pohon

Purwakarta,Sidaknews.com – Musim penghujan kali ini benar – benar dimanfaatkan untuk menanam pohon di Purwakarta,karena hampir seluruh siswa,guru,pegawai RT/RW melakukan gerakan menanam pohon Secara serentak diseluruh Purwakarta. Senin (15/12).

Gerakan yang diprakarsai oleh Bupati Purwakarta,H.Dedi Mulyadi,SH. ini menargetkan bahwa untuk musim tanam kali ini Purwakarta mempunyai target 10 juta pohon tertanam hingga maret 2015 nanti, hal itu diungkapkannya disela – sela gerakan menanam pohon bersama di SMPN 2 Kiarapedes Purwakarta.

“Sampai maret nanti kita targetkan ada 10 juta pohon tertanam atau minimal 2 juta pohon perbulannya, adapun tujuan gerakan ini adalah untuk membangun kesadaran pentingnya lingkungan dan alam karena bagian dari pendidikan.”, ujarnya.

16,2Selain itu Dedi pun menuturkan bahwa kegiatan tersebut bukan hanya menanam saja,tapi pohon yang telah ditanam harus diperhatikan,bahkan dikhususkan untuk siswa bahwa menanam pohon merupakan salah satu syarat,untuk kenaikan kelas.

“Bukan sekedar menanam,nanti setiap siswa,guru pegawai hingga RT/RW harus ada data base pohon setiap orang mempunyai data,untuk siswa akan dimasukan kedalam raport,dan salah satu persayaratan untuk naik kelas, untuk menanam pohon dimana saja boleh, boleh ditanah negara,tanah kosong yang penting menanam pohon.”, tuturnya.

Terkait persyaratan kenaikan kelas bagi siswa,dedi menjelaskan bahwa menanam pohon masuk dalam kurikulum sebagai aktivitas pendidikan,serta dedi pun menegaskan akan dibangun zona penanaman pohon di sekolah – sekolah bervariasi tergantung kondisi lingkungan dan cuacanya.

“Selasa nanti kita akan rumuskan kurikulum pendidikan purwakarta dimana menanam pohon menjadi salah satu persyaratan siswa untuk naik kelas dan akan dimasukan didalamnya, 16,3dimana nanti siswa akan mendata dan memperhatikan perkembangan pohon tersebut, selain itu akan dibuat zona dalam penanaman pohon,tergantung kondisi cuaca.

Dimana salahsatunya tiap sekolah wajib mempunyai pohon produksi seperti daerah wanayasa,kiarapedes,bojong akan ada pohon manggis,cengkeh dan itu akan menjadi aktivitas pendidikan.”, jelasnya.

Sedangkan menurut salah satu siswa.Asep (12) siswa kelas 6 SD Nagrog, menuturkan bahwa dirinya senang dengan kegiatan tersebut,selain belajar bagaimana menanam pohon,dirinya juga senang berpartisipasi menjaga lingkungan. “Nanamnya banyakan,tadi bawa 10 pohon,ya seneng bisa belajar tanam pohon,kedepan bisa menjaga tanah dari longsor.”, ujarnya.(karla@.humas setda purwakarta)

Check Also

Indri Ayu Astuti Dapat Bantuan Kursi Roda Dari Polres Madina

Panyabungan, sidaknews.com – Indah Nurhayati yang rela menggendong kakaknya Indah Indri Ayu Astuti setiap berangkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *