Home » Berita Foto » Musrenbang Kota Tebinginggi 2015, Tolok Ukur Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Musrenbang Kota Tebinginggi 2015, Tolok Ukur Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Keterangan gambar: PUKUL GONG “Musrenbang Tahun 2015 di Kota Tebingtinggi ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan beserta unsur muspida setempat”.
Keterangan gambar: PUKUL GONG “Musrenbang Tahun 2015 di Kota Tebingtinggi ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan beserta unsur muspida setempat”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tebingtinggi 2016 sangat strategis, karena hasil Musrenbang ini nantinya akan menjadi tolok ukur bagi pengembangan kota menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Disamping itu, Kota Tebingtinggi juga akan menggelar Pilkada di 2016, di mana dana yang dianggarkan untuk perhelatan akbar demokrasi itu sangat besar, sehingga membutuhkan pemikiran yang matang. Namun demikian, Walikota mengingatkan agar PNS tidak terlibat dalam kancah politik di Pilkada 2016 nantinya.

“Kita berharap Musrenbang ini akan menghasilkan keputusan strategis yang mampu melanjutkan pembangunan kota di masa mendatang,” harapan itu disampaikan Walikota Tebingtinggi pada kegiatan Musrenbang kota Tebingtinggi, Rabu (11/3), di gedung Balai Kartini Jalan Imam Bonjol kota Tebing Tinggi.

Gubsu diwakili Asisten Kesejahteraan Sosial Pemprovsu H Zulkarnain SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan pada 2016, pendapatan domestik regional bruto (PDRB) rakyat Sumut mencapai Rp 40,96 juta per kapita. Selain itu ditargetkan pula penciptaan wirausaha baru di Sumut sebanyak 12 ribu wirausaha baru, dukungan terhadap pembangunan ruang kelas baru mencapai 9.000 ruang kelas.

Ditambahkan, Pemprovsu mengharapkan agar kabupaten/kota di Sumut mendukung prioritas pembangunan Sumut ini, dengan mensinkronkan antara program provinsi dengan kabupaten/kota. “Langkah-langkah strategis perencanaan pembangunan dengan dasar PDRB tidak lagi memakai sembilan sektor, tapi telah dirubah menjadi 17 kategori, hal ini agar selalu bersama BPS kabupaten/kota,” ujar Gubsu.

Sebelumnya Kepala Bappeda Kota Tebingtinggi Gul Bakhri Sireagr SIP M.Si melaporkan, kegiatan Musrenbang dilaksanakan 11-12 Maret 2015, menyertakan forum kmunikasi pimpinan daerah, DPRD, Kepala SKPD, Kadin, LSM, KPM, kelompok masyarakat, dewan pendidikan, organisasi asosiasi profesi, para lurah dan kelompok lain yang terkait.

Musrenbang, lanjut Gul Bakhri, akan membahas rancangan RKPD 2016 mencakup indikasi rencana program prioritas pembangunan tahun 2016 disesuaikan dengan kemampuan pendanaan. “Capaian indikator kinerja daerah, komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani prioritas pembangunan 2016 yang diseleraskan dengan prioritas nasional (Nawa Cita), prioritas provinsi dan prioritas kota”, jelasnya. (Hans)

Check Also

Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno,MM tengah menerima hasil penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut Abyadi Siregar di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (24/1). 

Tingkatkan Pelayanan Publik, Sergai Targetkan Zona Hijau Tahun 2017

Sergai, sidaknews.com – Dewasa ini pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>