Jumat , 24 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Aceh Selatan » Musyawarah Duek Pakat Kakao Aceh III Akan Di Gelar di Aceh Utara

Musyawarah Duek Pakat Kakao Aceh III Akan Di Gelar di Aceh Utara

Ketua Forum Kelapa Aceh Azwani (Keuchik Ali) dan Ketua Forum Kakao Aceh Drs. Hasanuddin Darjo, MM Serta Rombonga Disambut Tarian Ranup Lampuan Di Panton Luas, Aceh Selatan (Foto, TARMIZI A. GANI)
Ketua Forum Kelapa Aceh Azwani (Keuchik Ali) dan Ketua Forum Kakao Aceh Drs. Hasanuddin Darjo, MM Serta Rombonga Disambut Tarian Ranup Lampuan Di Panton Luas, Aceh Selatan (Foto, TARMIZI A. GANI)

Aceh Selatan, Sidaknews.com – Kedatangan rombongan Forum Kakao Aceh dan Forum Kelapa Aceh di sambut antusias oleh warga Panton Luas, Kecamatan Tapak Tuan Aceh Selatan, Minggu 30/11/2014.

Warga Panten Luas yang mendiami sebuah Gampong (Desa-red) terpencil di kecamatan Tapak Tuan (kecamatan ibu kota-red) Aceh Selatan nampak beramai – ramai memenuhi lokasi Village Cocoa Clinic (VCC) di Gampong tersebut, demikian di saksikan penulis yang ikut bersama rombongan ke Panton Luas.

Rombongan Forum Kelapa Aceh, Forum Kakao Aceh dan Forum Pala Aceh di sambut meriah dengan persembahan tarian ranup lampuan, warga Panton Luas nampak senang bisa bertemu dan bertatap muka dengan para pengurus forum – forum pegiat perkebunan, apa lagi Duek Pakat Kakao Aceh yang di gelar di Aceh Selatan telah memberi mandat untuk di gelar di Gampong Mereka, ujar sekretaris Gampong tersebut pada penulis.

Zulkarnain salah seorang pengurus Forum Kakao Aceh saat memandu acara musyawarah “Duek Pakat Kakao Aceh II” mengatakan pada musyawarah ini, selain petani kakao hadir juga unsur pemerintah dari pihak terkait demikian juga pedagang, sehingga hasil dari musyawarah kita tidak sendirian, namun akan merupakan hasil kesepakatan bersama sehingga terwujud senergisasi dalam pelaksanaan.

Kegiatan Duek Pakat Kakao II di Aceh Selatan ikut di isi dengan praktik sambung pucuk, pemahaman penggunaan pupuk dan perawatan kakao, sehingga pertanian yang di ceburi warga khusus petani kakao bisa menikmati hasil yang memuaskan, demikian di sampaikan Drs. Hasanuddin Darjo, MM ketua Forum Kakao Aceh dalam arahannya di hadapan seluruh peserta Duek Pakat Kakao Aceh.

Darjo menambahkan kita juga patut memberi apresiasi besar kepada ketua Forum Kelapa Aceh yang merupakan putra Bireuen bisa hadir di tengah – tengah kita hari ini, untuk kita ketahui kakao dan kelapa merupakan saudara dekat, maka dengan dengan terbentuknya Forum Kelapa Aceh, kekuatan kita para petani kakao akan semakin kuat dan hebat, anatara Forum Kakao Aceh dan Forum Kelapa Aceh kita akan bergerak bersama – sama untuk membasmi lahan tidur, membasmi lahan kosong, ungkap darjo berapi – api.

Sementara Ketua Forum kelapa Aceh Azwani (Keuchik Ali) kepada penulis menyatakan rasa gembiranya mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Aceh Selatan, saya tidak menyangka masyarakat Panton Luas bisa seantusias ini menyambut ketibaan rombongan Forum Kelapa Aceh dan Forum Kakao, terimakasih atas setiap kebaikan warga yang dengan bersusah payah menyambut kehadiran kami, ucap Keuchik Ali terharu.

Amatan penulis, selain Forum Kakao Aceh, Forum Pala Aceh dan Forum Kelapa Aceh, ikut hadir juga Ketua Forum Kakao Sumatra Barat Ishak Menti, berbicara kepada orang ramai, Ishak mengungkapkan akan membawa pulang ilmu dan pengalamannya yang di dapati dari turnya ke Aceh dan akan di terapkan di Sumatra Barat nantinya sehingga kakao ikut berkembang dengan bagus di sana, kami juga tentunya akan mengundang Forum Kakao Aceh pada pertemuan Forum Kakao Sumatra Barat yang akan di gelar di waktu mendatang, sebut Ishak.

Tanpa di sangka waktu terus berjalan, akhirnya Zulkarnain dari pengurus Forum Kakao Aceh yang di percaya memandu acera mengumumkan salah satu keputusan panel bahwa Mesyawarah Duek Pakat Kakao Aceh III Akan Di Gelar di Aceh Utara, sebuah Kabupaten yang ikut menjadikan Kakao sebagai salah satu tanaman prioritas bagi masyarakatnya.

“Jadi Aceh Utara akan menjadi lokasi Mesyawarah Duek Pakat Kakao Aceh III yang akan di gelar pada 2015 tahun depan”.

Beberapa hal yang di bahas secara intens pada musarah Duek Pakat Kakao II di Panton Luas, Tapak Tuan, Aceh Selatan adalah menyangkut kebutuhan kakao dan petani kakao itu sendiri, antaranya alat untuk perawatan kakao, pupuk, harga dan SDM petani, termasuk bekerja keras menggait infestor sebanyak mungkin dari luar suapay tertarik dengan kakao Aceh. (Tarmizi A. Gani, Penulis di Bireuen)

Check Also

Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi diterima Pj Walikota H Zulkarnain bersama Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung dan Wakil Ketua DPRD Mhd Hazly Azhari Hasibuan.

Kunjungan KPK RI Saut Situmorang Ke Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>