Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Ngabuburit/Jalan Sore2 di Buper Kiarapayung Jadi Tradisi Tahunan

Ngabuburit/Jalan Sore2 di Buper Kiarapayung Jadi Tradisi Tahunan

ng
Warga Jatinangor Senang Ngabuburit menjelang Azan Magrib

sidaknews.com – Setiap memasuki bulan suci Ramadan, Bumi Perkemahan (Buper), Kiarapaayung, Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang selalu ramai dikunjungi warga, terlebih menjelang azan magrib.

Pantauan di lapangan, sudah menjadi tradisi lokasi tersebut dijadikan ajang ngabuburit. Baik kalangan orang tua, remaja hingga anak-anak terlihat kerasan menghabiskan waktu di bumi perkemahan bertaraf internasional itu.

Pengunjung dipastikan betah ka­rena selain disuguhi pesona alam yang asri, di kawasan Gunung Mangla­yang itu juga terdapat aneka pernak-pernik wawasan pendidikan kepramukaan.

Tidak ketinggalan juga pedang kaki lima (PKL) dan asongan yang turut mewarnai lokasi sejak pagi hari hingga menjelang buka puasa. Salah seorang pengunjung Buper Kiarapayung, warga Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Sumedang, Rita Rosita (35) mengakui nyamannya kawasan tersebut.

“Di sini adem, sehingga sangat cocok untuk melepas lelah sekaligus menanti berbuka puasa. Bah­kan jika bukan bulan puasa, saya kerap menggelar acara makan-ma­kan di sini bersama keluarga,” ujar­nya kepada wartawan, Senin (15/7).

Menurut ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku sudah biasa mengunjungi lokasi tersebut, puasa terasa kurang afdal jika tidak nga­buburit ke Kiarapayung. “Hampir setiap bulan Ramadan, saya bersama keluarga selalu meluangkan waktu ke sini untuk sekadar istirahat,” katanya.

Selain lokasinya nyaman, Buper Kiarapayung juga kaya akan nuansa pengetahuan baru, khususnya kepramukaan. “Jujur saja, lokasinya sudah bagus dan cukup luas, hanya saja butuh penataan yang lebih baik,” ujarnya.

Pengunjung lainnya, Riandi (34) menyatakan, Buper Kiarapayung pantas dijadikan tempat wisata alam. Selain sejuk, terdapat beberapa lokasi yang bisa dijadikan ka­wa­san pedidikan.

“Bukan hanya tempat bertama­sya, tapi juga wisata pendidikan karena di sini tempat berkumpulnya Pramuka dari seluruh daerah di Indonesia dan luar negeri,” ka­ta­nya.

Salah seorang petugas Buper Kiarapayung mengatakan, setiap memasuki bulan Ramadan, lokasi tersebut kerap dikunjungi warga.

“Tidak hanya bulan puasa, hari-hari biasa pun lokasi ini ramai di­kunjungi pelancong lokal. Kawa­san Buper Kiarapayung tak pernah sepi pengunjung,” katanya.

sumber: Jatinangor.com

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>